Kabupaten Ciamis,– Wakil Bupati Ciamis, H Yana D Putra, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatih Pencak Silat Kabupaten Ciamis, kegiatan tersebut digelar di Aula Hotel Larissa Ciamis, Kamis (22/02/2024).

Dalam sambutannya, Wabup Ciamis sekaligus sebagai Ketua Pengcab Pencak Silat menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah untuk memperbaiki berbagai aspek terkait pencak silat terutama dalam meningkatkan standardisasi kepelatihan.

Salah satu hal yang menjadi fokus utama adalah penyesuaian dengan aturan-aturan baru yang diperlukan pemahaman mendalam oleh para pelatih.

Wabup juga menegaskan bahwa standardisasi metodologi pelatihan menjadi hal yang krusial dalam pengembangan olahraga pencak silat di Kabupaten Ciamis.

“Saat ini bukanlah soal menghilangkan keberagaman aliran, tetapi lebih kepada peningkatan kualitas pelatihan melalui standardisasi metodologi,” ujar Wabup.

Menurutnya, peran pelatih dalam membentuk pondasi bagi atlet pemula sangatlah vital. Oleh karena itu, keberadaan pelatih yang memiliki prestasi dalam dunia pencak silat diharapkan dapat memberikan pondasi yang kuat bagi generasi muda yang ingin menekuni olahraga ini.

“Para pelatih senior memiliki peran penting dalam membimbing generasi penerus. Dengan turunnya mereka untuk melatih anak-anak yang baru belajar, diharapkan akan membentuk atlet yang berkualitas di masa depan,” tambahnya.

Selain itu, Wabup juga menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi pemicu lahirnya atlet berprestasi di tingkat lokal, regional, maupun nasional.

“Dengan adanya upaya peningkatan kualitas pelatihan, diharapkan Kabupaten Ciamis dapat menghasilkan atlet-atlet yang mampu bersaing di kancah olahraga nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Erwan Darmawan, Kadisbudpora Ciamis, menekankan pentingnya kegiatan Bimtek sebagai bagian dari persiapan dalam menghadapi berbagai event olahraga serta sebagai upaya untuk mengangkat prestasi cabang olahraga pencak silat di Kabupaten Ciamis.

“Kami berharap para peserta dapat menanamkan semangat yang sama dalam mencapai prestasi di cabang pencak silat. Kabupaten Ciamis telah dikenal namun perlu peningkatan prestasi yang sejalan dengan kekayaan budayanya,” ujarnya.

Meskipun dihadapkan dengan berbagai kendala, seperti beberapa kabupaten/kota yang masih menjadi tantangan bagi para atlet, Erwan yakin bahwa peningkatan intensitas latihan akan membantu memperkuat mental juara para atlet.

“Dengan meningkatnya intensitas latihan, kami berharap para atlet dapat mengatasi berbagai hambatan yang ada dan terus mengasah kemampuan mereka,” tambahnya.

Erwan juga menaruh harapan bahwa melalui kegiatan ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan teknik baru yang akan membantu mereka dalam meningkatkan kualitas dan prestasi dalam dunia pencak silat.

Share This :