JAKARTA,- Rasanya kalimat “Pecah Telor” layak menggambarkan raihan Anugerah Adipura Kencana yang berhasil diraih Kabupaten Ciamis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada hari ini Selasa, 05 Maret 2024 mengingat Anugerah Adipura Kencana 2023 yang diserahkan langsung Wakil Persiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin merupakan anugerah Adipura Kencana pertama yang berhasil diraih kabupaten kota di Provinsi Jawa Barat.

Adipura Kencana baru dapat diraih oleh Kabupaten Ciamis menjelang penghujung masa jabatann Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meraih prestasi gemilang dengan meraih Penghargaan Anugerah Adipura Kencana. Penghargaan ini menandai pencapaian luar biasa dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di wilayah Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan daerah selama masa jabatannya, berhasil meraih penghargaan bergengsi ini berkat berbagai inovasi dan program yang diluncurkannya.

Acara penyerahan penghargaan Anugerah Adipura dilangsungkan di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta, Selasa (05/03). Penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo ini diterima langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Anugerah Adipura Kencana merupakan penghargaan yang juga sebagai penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan.

Kabupaten dan Kota yang menjadi nominasi Anugerah Adipura Kencana diharapkan tidak hanya mengatasi tantangan lingkungan seperti pengelolaan sampah, pengendalian polusi, dan pengembangan ruang terbuka hijau (RTH), tetapi juga menjadi pusat inovasi dalam pengelolaan sampah dan RTH.

Tidak hanya itu, mereka juga diharapkan mampu mengimplementasikan sistem pengendalian dampak perubahan iklim, memanfaatkan energi terbarukan, dan mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial melalui pendekatan berbasis lingkungan dan sumber daya alam.

Dukungan penuh dari berbagai pihak di Kabupaten Ciamis telah memperkuat peran Pasukan Kebersihan dan Pertamanan (Pasukan Ungu) DPRKPLH Kabupaten Ciamis dalam membangun kebiasaan positif terkait pengelolaan sampah.

Selain itu melalui kerja sama yang erat antara OPD, Camat, Kepala Desa/Kelurahan, Pengelola Bank Sampah, Relawan Peduli Lingkungan, Adiwiyata, Proklim, Tim Duitin, Tim Digitalisasi Sampah TRADISI serta Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) telah mampu mengubah pola pikir dan tindakan sehari-hari mereka terhadap sampah.

Hal ini menciptakan partisipasi aktif dan budaya peduli lingkungan yang semakin kuat di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Ciamis.

Atas dasar itu, dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, Bupati Ciamis telah berhasil meningkatkan kualitas lingkungan dan menciptakan pola pikir yang peduli akan kebersihan di tengah masyarakatnya.

Penghargaan Anugerah Adipura Kencana bukan hanya sekedar pengakuan atas keberhasilan Bupati Ciamis dalam menjaga kebersihan lingkungan, tetapi juga merupakan bukti nyata bahwa kepemimpinan yang berkualitas dan berorientasi pada pelayanan masyarakat dapat menghasilkan perubahan yang positif.

Bupati Ciamis menjelaskan bahwa Penghargaan Anugerah Adipura Kencana tersebut adalah hal yang sangat wajar didapatkan oleh Kabupaten Ciamis, mengingat dukungan, kebiasaan, partisipasi seluruh elemen masyarakat, serta hasil kerja seluruh komponen masyarakat dalam mengelola sampah.

Sehingga kepedulian luar biasa masyarakat untuk Ciamis Bersih, Sehat dan Bernilai diapresiasi dan dinilai baik oleh Tim Penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui penilaian Adipura kabupaten/kota.

“Penghargaan Adipura Kencana ini saya hanya mewakili seluruh masyarakat. Sebetulnya yang lebih berhak menerima penghargaan ini adalah masyarakat Kabupaten Ciamis, ucapan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi dan dukungan semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis yang bersih, sehat dan bernilai” ucapnya.

Bupati Herdiat juga mengajak untuk terus mempertahankan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) kepada seluruh warga masyarakat yang diawali dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Prestasi ini juga memberikan inspirasi bagi para pemimpin masa depan untuk terus berusaha dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan, “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita, Galuh Nanjeur Ciamis Tangguh”.

Share This :