KABUPATEN CIAMIS,– Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan kembali digelar, bahan pokok diserbu masyarakat Desa Kadupandak dan sekitarnya, pada Selasa (02/04/2024) bertempat di area Kantor Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksasi.

GPM merupakan program untuk memperkuat penyediaan pangan berkualitas yang terjangkau bagi seluruh masyarakat. Melalui program ini diharapkan harga pangan dapat terjaga pada tingkat yang wajar yang akan turut juga menjaga tingkat inflasi pangan.

Kegiatan GPM merupakan program Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang bekerja sama dengan Pita Putih Indonesia, Lions Club Jabar dan Pemkab Ciamis. Ini menjadi salah satu aksi nyata Pemkab Ciamis mencegah terjadinya inflasi dengan cara menyediakan bahan pokok dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Dampak dari GPM ini juga memfasilitasi penyediaan dan penyaluran dari pemasok/petani di Kabupaten Ciamis kepada konsumen sehingga jalur distribusi rantai pasok lebih efektif dan efisien.

Hal di atas sejalan dengan yang disampaikan Wakil Bupati Ciamis H. Yana D. Putra bahwa GPM menjadi salah satu solusi dan dapat meringankan beban masyarakat.

“Mengingat pada saat ini harga bahan pokok melonjak di pasaran,” katanya.

 

Kemudian Wabup menyampaikan bahwa untuk menghadapi hal tersebut Pemkab Ciamis akan terus memaksimalkan usaha guna mengurangi dampaknya ke masyarakat.

“Dan juga mudah-mudahan cobaan ini cepat selesai,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya Wabup Yana menyampaikan terimakasih kepada pihak Bapanas atas kerjasama yang selama ini terjalin.

“Program Bapanas sejalan dengan Pemkab Ciamis selama ini, mudah-mudahan dengan semua ini masyarakat terasa terbantu,” pungkasnya.

Share This :