KABUPATEN CIAMIS,- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyerahkan secara langsung bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) kepada dua warganya. Adapun penerima manfaat yaitu Eni asal Kecamatan Rajadesa dan Sulaeman asal Kecamatan Panumbangan, Senin (08/04/2024).

Bupati Herdiat didampingi Kepala Dinas Sosial Ciamis menyerahkan bantuan tersebut di Ruang Oproom Setda Ciamis. Setiap penerima mendapat bantuan sebesar 25.000.000 rupiah, dengan harapan agar bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin.

Dalam arahannya, Bupati menegaskan pentingnya penggunaan bantuan Rutilahu dengan tepat. Beliau menyadari bahwa untuk pembangunan rumah layak huni, bantuan tersebut tidaklah cukup. Oleh karena itu, Bupati menekankan pentingnya semangat gotong royong dan swadaya masyarakat.

“Kalau untuk membangun rumah yang layak huni tidaklah cukup, saya ingin pembangunanya didorong gotong royong dan swadaya masyarakat, terutama dari para agnia,” ungkap Bupati Herdiat.

Beliau menyoroti bahwa dengan adanya partisipasi swadaya masyarakat, biaya pembangunan akan lebih efisien. Bupati berharap kepala desa setempat dapat mendorong dan meningkatkan semangat swadaya masyarakat di wilayahnya.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan digunakan untuk membangun rumah yang benar-benar layak huni, menjadi langkah awal bagi perbaikan kondisi hunian masyarakat Ciamis, ” harapnya.

Sementara itu, Eni, salah satu penerima bantuan Rutilahu, menyatakan rasa bahagianya atas bantuan yang diterimanya. Dengan isak tangis, Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang telah diberikan Bupati kepadanya.

“Saya sangat bahagia dan bersyukur atas bantuan Rutilahu yang telah diberikan kepada saya,” ucapnya.

Baginya, bantuan ini bukan sekadar materi, tetapi juga sebuah harapan baru untuk memiliki tempat tinggal yang layak bagi dirinya bersama keluarga.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Eka Permana Oktaviana, menekankan pentingnya pemantauan yang berkelanjutan dari pihak desa.

“Evaluasi dan pemantauan dari pihak desa sangat penting untuk memastikan pembangunan Rutilahu berjalan dengan baik,” ujar Eka Permana Oktaviana.

Ia menambahkan bahwa nantinya akan dilakukan penilaian atau assesmen oleh pihak dinas, sehingga pembangunan tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara menyeluruh.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat memastikan bahwa bantuan yang diberikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Share This :