Dok Foto sumber dari : https://jabarprov.go.id/

Kabupaten Ciamis,- Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Ciamis menorehkan prestasi luar biasa dalam ajang kompetisi MTQ Ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di bekasi. Sabtu, 04/05/24.

Hal tersebut disampaikan Sekum LPTQ Kabupaten Ciamis, Mohamad Aip Maptuh dalam laporannya, menerangkan bahwa capaian prestasi yang berhasil diraih oleh kafilah MTQ Kab. Ciamis adalah perbaikan peringkat tingkat Provinsi Jawa Barat menjadi 10 besar.

Adapun diantaranya peringkat sembilan dengan nilai 6 yang diperoleh dari 2 juara II untuk dua matalomba (Tartil anak puteri dan tahfidh 5 Juz dengan tilawah putera).

Selain itu, M. Aip Maptuh juga menginformasikan awak kafilah sendiri berjumlah 39 orang yang terdiri dari 25 orang peserta, 4 orang pembina dan official (pendamping) 10 orang.

Tutur M. Aip, para Kafilah telah menyelesaikan tugas Musabaqoh dari tanggal 27/04/2024 s/d 04/05/2024 untuk 4 cabang utama yang diikuti yaitu tilawah, tahfidh, MSQ dan MFQ.

Ya, anggota kafilah telah bertolak kembali menuju Ciamis pada pukul 12.00 WIB hari ini, Sabtu, 04/05/2024 dengan titik henti di depan Pendopo Bupati Ciamis. Katanya

Lebih lanjut, sebagaimana terlampir dalam laporannya, berikut rincian prestasi kafilah MTQ ke-38 Kab. Ciamis ;

1. Tilawah Remaja Pa (Ke-26)
2. Tilawah Remaja Pi (Ke-22)
3. Tilawah Dewasa Pa (Ke-4)
4. Tilawah Dewasa Pi (Ke-16)
5. MHQ 10 Juz Pa (Ke-10)
6. MHQ 10 Juz Pi (Ke-16)
7. MHQ 1 Juz Pa (Ke-6)
8. Tilawah Anak Pa (Ke-7)
9. Tilawah Anak Pi (Ke-8)
10. Tartil Pa (Ke-6)
11. MHQ 5 Juz Pi (Ke-4)
12. MSQ Pi (Masih dikunci)
13. MSQ Pa (Masih dikunci)
14. MHQ 5 Juz Pa (Finalis)
15. Tartil Pi (Finalis)

• Perolehan Sementara :

• Harapan Ke -1 :
1. Tilawah Dewasa Pa
2. MHQ 5 Juz & Tilawah Pi

• Harapan Ke -3 :
1. MHQ 1 Juz & Tilawah Pa
2. Tartil Pa

• Perolehan Medali Finalis :
1. Emas        : –
2. Perak        : 2
3. Perunggu : –

Atas pencapaian tersebut, M. Aip mengatakan bahwa tahun ini, dengan penampilan yang memukau dan ketekunan dalam membaca Al-Qur’an, kafilah ini berhasil meraih posisi di 10 besar tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Dalam gelaran MTQ, setiap kafilah menghadirkan yang terbaik dari hafalan dan bacaan Al-Qur’an mereka. Kafilah dari Kabupaten Ciamis menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam menguasai berbagai hafalan serta melafalkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan baik.” Ujarnya

Menurutnya, prestasi ini tidak hanya sekadar membanggakan Kabupaten Ciamis, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus menggali potensi dalam bidang keagamaan. Dengan kedisiplinan, ketekunan, dan semangat yang tinggi, kafilah MTQ Kabupaten Ciamis membuktikan bahwa dengan usaha dan doa, segala sesuatu adalah mungkin.

“Kita patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada para peserta MTQ Kabupaten Ciamis yang telah berjuang keras dan meraih prestasi gemilang ini. Semoga keberhasilan mereka menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berusaha dan berprestasi dalam segala bidang”. Tandasnya