Kabupaten Ciamis,- Kabupaten Ciamis merayakan hari jadinya yang ke-382 dengan serangkaian acara yang penuh makna. Upacara peringatan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna yang digelar di Halaman Pendopo Bupati, Selasa (11/06/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ciamis, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI, organisasi masyarakat (Ormas), serta para pelajar.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Engkus Sutisna menekankan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis sejatinya merupakan milik seluruh masyarakat.

 

“Oleh karena itu, makna dan hikmah dari peringatan ini harus dapat dipahami, diikuti, dan dinikmati oleh seluruh masyarakat,” ucapnya.

Di hari jadi Kabupaten Ciamis yang ke 382 ini Pj Bupati mengaku pemerintah saat ini lebih fokus pada pengendalian Inflasi dan peningkatan pelayanan pada masyarakat

“Pemkab Ciamis tidak hanya melaksanakan kegiatan rutin dan seremonial, tetapi juga lebih difokuskan pada upaya pengendalian inflasi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu program unggulan adalah “Saba Desa” yang dilaksanakan di lima eks-kewedanaan,” paparnya.

Kegiatan ini mencakup operasi pasar murah dan gerakan pangan murah yang menyediakan bahan pangan dan sembako berkualitas dengan harga terjangkau.

• Peluncuran Layanan Darurat 112

Sebagai bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Ciamis meluncurkan layanan nomor tunggal panggilan darurat melalui call center 112.

Peluncuran ini ditandai dengan penyerahan sertifikat call center dari Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada pemerintah Kabupaten Ciamis.

• Momentum Hari Jadi Ke 382, Pj Sampaikan Kabupaten Ciamis Sarat akan Prestasi

Pj Bupati Engkus Sutisna menyampaikan bahwa meskipun di tengah keterbatasan, Kabupaten Ciamis tetap mampu menunjukkan kinerja yang baik dan mendapatkan berbagai pengakuan serta penghargaan dari pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat.

Beberapa penghargaan tersebut antara lain Penghargaan Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), satu-satunya kabupaten yang menerima penghargaan tertinggi ini.

Selain itu Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerah, yang diterima selama sebelas tahun berturut-turut hingga 2024.

Atas berbagai penghargaan tersebut, Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh unsur penyelenggara pemerintahan, para pemangku kepentingan, dan masyarakat yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Ciamis.

Terakhir, Pj Bupati Engkus Sutisna menekankan pentingnya meningkatkan semangat, kebersamaan, kerja keras, dan sinergitas dalam melayani masyarakat dan membangun Tatar Galuh yang dicintai.

“Selamat Hari Jadi ke-382 Kabupaten Ciamis tahun 2024, semoga Kabupaten Ciamis semakin maju, mandiri, dan sejahtera. Pakena Gawe Rahayu, Pakeun Heubeul Jaya Dibuana,” tutup Engkus Sutisna dalam sambutannya.

Perayaan hari jadi ini menjadi momentum penting bagi Kabupaten Ciamis untuk terus bergerak maju, menghadapi tantangan, dan meraih prestasi yang lebih gemilang di masa yang akan datang.

Share This :