KABUPATEN CIAMIS,- Salah satu proses penilaian Nirwasita Tantra adalah wawancara Kepala Daerah dan Ketua DPRD dengan Tim Panelis Nirwasita Tantra.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna beserta Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengikuti wawancara penilaian Nirwasita Tantra secara virtual pada Jumat (14/06/2024), bertempat di Ruang Vidcon Bupati.

Wawancara ini merupakan klarifikasi ataupun pendalaman dari laporan, yang terdiri dari Kepala Daerah menjelaskan isu prioritas permasalahan dan inovasi yang dikembangkan berdasarkan laporan Dokumen Informasi Kinerja Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD), dan Respon DPRD terkait tugas utamanya (pengawasan, anggaran, legislasi) terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodelogi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Dalam wawancara tersebut, Pj Bupati Ciamis menyampaikan terimakasih kepada kementerian Lingkungan Hidup yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Ciamis untuk ikut serta dalam Penilaian Nirwasita Tantra.

Bupati pun berkesempatan menyampaikan Informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup Kabupaten Ciamis, serta memberikan gambaran dan acuan kebijakan serta perencanaan pemerintah daerah dalam menentukan Prioritas pembangunan sesuai prinsip pengelolaan lingkungan hidup.

“Dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup ini, Kabupaten Ciamis terus melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui 16 inovasi tentang isu kualitas persampahan dan kebencanaan yang berkaitan dengan permasalahan 3 isu pengelolaan lingkungan hidup daerah,” Jelasnya.

Ia menjelaskan beberapa dari inovasi tersebut yaitu Pemanfaatan kotoran ternak kambing menjadi sumber energi dan pupuk serta gerakan tanam dan pelihara pohon (GTPP).

Kemudian yang tak kalah pentingnya bagi lingkungan hidup adalah keberadaan bank sampah di Kabupaten Ciamis, yang saat ini sudah merata ada di setiap desa maupun kelurahan.

Dikatakannya, inovasi kebencanaan dan inovasi yang telah dilakukan mendapatkan pengakuan yang memperoleh Penghargaan Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia

“Alhamdulillah dari berbagai inovasi ini kita telah mendapatkan beberapa penghargaan dan yang paling membanggakan adalah dengan diraihnya adipura kencana, ” Ujarnya

Selanjutnya, Pj Bupati menyatakan Komitmennya dalam meningkatkan kapasitas perangkat daerah di bidang lingkungan hidup dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan kehidupan.

Kemudian mendorong program kegiatan di bidang lingkungan hidup yang berkaitan dengan isu prioritas lingkungan hidup terutama persoalan pencemaran air persampahan, pengolahan sampah menjadi energi bekerjasama dengan investor dari Korea.

Share This :