KABUPATEN CIAMIS,- Kabupaten Ciamis sekali lagi mengukir prestasi gemilang dalam ajang bergengsi di tingkat Jawa Barat. Ciamis berhasil meraih penghargaan Top 5 Project Investment Challenge 2024 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berkolaborasi dengan Bank Indonesia.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triadi, dalam acara West Java Industrial Meeting 2024 di Ballroom Trans Studio Bandung pada Jum’at, 28 Juni 2024.

Investment Challengge sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan road to West Java Investment Summit (WJIS) 2024 yang diikuti oleh 27 Kabupaten Kota se-Jawa Barat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Barat melalui sisi investasi.

Salah satunya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya investasi sebagai langkah krusial dalam mempromosikan pembangunan ekonomi, sosial, dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan negara secara keseluruhan.

Proposal investasi yang mengantarkan Ciamis meraih penghargaan ini bertema industri pengolahan ayam ras pedaging terpadu. Mengingat Kabupaten Ciamis juga merupakan penyuplai ayam terbesar di Jawa Barat.

Hal ini menjadikan industri ayam sebagai pilihan strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Proyek ini tidak hanya mengedepankan aspek ekonomi, tetapi juga sosial dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Menurut Sekda Ciamis, Andang Firman, pencapaian ini tidak lepas dari proses yang komprehensif, proposal investasi sendiri disusun di bawah asistensi Bank Indonesia dan DPMPTSP Prov Jabar.

“Dari 27 kabupaten/kota peserta, Ciamis berhasil bersaing hingga masuk dalam lima besar yang layak untuk ditawarkan kepada investor, baik dari dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Sekda berharap keberhasilan ini akan menarik lebih banyak investor ke Ciamis, khususnya dalam pengembangan industri ayam terpadu, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

“Prestasi ini diharapkan mampu memperkuat posisi Ciamis sebagai salah satu pemain utama dalam mengembangkan potensi ekonomi Jawa Barat melalui inovasi dan investasi yang berkelanjutan,” tandasnya.

Share This :