Kabupaten Ciamis,- Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis, melalui kelompok kerja Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggiat Anti Narkoba di lingkungan Instansi Pemerintah Kabupaten Ciamis , Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Bimtek di gelar selama dua hari, dari tanggal 22 Juni s.d 23 Juni 2023, bertempat di Emerald – Zamrud Meeting Room Favehotel Tasikmalaya.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan untuk menjalin kerjasama dan sinergitas antara pemerintah daerah Kabupaten Ciamis , Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran dengan BNN dalam melaksanakan program kerja dalam upaya P4GN, hal ini disampaikan oleh Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., saat membuka kegiatan Bimtek. Kamis (22/6/2023).

Peserta kegiatan Bimtek sebanyak 25 orang dari instansi pemerintah yang terdiri dari Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Inspektorat Kabupaten Ciamis, Kodim 0613/ Ciamis, Kejaksaan Negeri Banjar, Lapas Kelas IIB Ciamis, Lapas Kelas IIB Banjar, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ciamis, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Banjar, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pangandaran, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ciamis, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pangandaran, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis, Dinas P2KB Kota Banjar, Dinas P2KBP3A Kabupaten Pangandaran, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ciamis, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis, Pemerintah Desa Cisadap, dan Pemerintah Desa Bendasari

“Penyalahgunaan narkoba merupakan kejahatan transnasional yang merupakan suatu bentuk kejahatan lintas batas negara dengan dampak multidimensi. Sebagai gambaran, ketika seseorang menyalahgunakan narkoba yang hancur bukan dirinya sendiri baik itu kesehatan , ekonomi, hubungan sosial dengan oranglain juga bersifat merusak yang melibatkan keluarga dan orang-orang terdekat.” Ucap Engkos

Engkos mengatakan bahwa penanganan masalah narkoba tidak hanya bisa oleh BNN, Kepolisian, TNI saja namun perlu adanya kerjasama seluruh komponen masyarakat, instansi pemerintah, instansi pendidikan, instansi swasta terutama dalam hal pencegahan.

“Instansi pemerintah yang memegang berbagai macam kebijakan menjadi celah kami untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi melaksanakan kegiatan P4GN guna mencegah penyalahgunaan narkoba. Sangat penting untuk berkumpul dan duduk bersama untuk merumuskan komitmen dan kebijakan serta mengimplementasikannya agar wilayah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran tetap kondusif dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pungkas Engkos

Hal senada disampaikan DR. H. Wasdi, M.Si selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Ciamis menjelaskan bahwa pencegahan penyalahgunaan narkoba tidak bisa hanya BNN saja, instansi pemerintah sangat berperan penting terlaksananya berbagai program P4GN di lingkungannya dan di masyarakat.

Kegiatan Bimtek kali ini, saya ingin semua peserta bisa menjadi Penggiat Anti Narkoba untuk mengimplementasikan program P4GN di lingkungan masing-masing, dengan menjalankan implementasi individu yakni dengan memperkokoh keimanan agar self esteem terbentuk, implementasi keluarga yakni dengan keluarga menjadi panutan, pembimbing, pendidik, tempat bertanya, diskusi, disiplin dan mempunya nilai-nilai agama agar ketahanan keluarga tercipta dengan kuat, yang terakhir implemetasi lingkungan, ketika ketiga implementasi tersebut dilaksanakan maka kita bisa bersama-sama mewujudkan Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran yang Bersinar (Bersih Narkoba), tandasnya.

Acara ini menghadirkan 8 (delapan) narasumber, diantaranya Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si. (Kepala BNN Kabupaten Ciamis) dengan Judul Materi Kebijakan dan Strategi P4GN dalam Mewujudkan Kota/ Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba. Dr. H. Wasdi, M.Si. (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis) dengan Judul Materi Penyusunan Regulasi P4GN dalam Rangka Penguatan Kelembagaan Kota/ Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba. Dania Rahayu, S.E., M.Si. (Inspektur Pembantu Wilayah 2 Inspektorat Kabupaten Ciamis) dengan Judul Materi Peran dan Fungsi Penggiat Anti Narkoba dalam Mewujudkan Kota/ Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba. Kendar Sudaryana , SH. (Kasubsi Pra Penuntutan Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Ciamis) dengan Judul Materi Pengayaan Wawasan Aspek Hukum P4GN bagi Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Instansi Pemerintah. Wijaya Dewabhrata, S.IP., ME. (Ketua Tim Bidang Rehabilitasi BNN Kabupaten Ciamis) dengan Judul Materi Layanan Program Rehabilitasi di BNN Kabupaten Ciamis. Yudi Sukmayadi, S.H. (Ketua Tim Bidang Pemberantasan BNN Kabupaten Ciamis) dengan Judul Materi Implementasi UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika pada Bidang Pemberantasan BNN Kabupaten Ciamis. Henri Setiawan, S.Kep, Ners., M.Si.Med.GC. dengan Judul Materi Public Speaking bagi Penggiat P4GN. Dr. Risa Wismaliya, M.Pd. dengan Judul Materi Community Development dalam P4GN.

Dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Penggiat P4GN di Lingkungan Instansi Pemerintah ini , diharapkan para Penggiat P4GN di Lingkungan Instansi Pemerintah dapat mengimplementasikan berbagai kebijakan disemua pelaksanaan kegiatan program P4GN di instansinya masing-masing ataupun dimasyarakat.

Share This :