KABUPATEN CIAMIS,- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mendampingi Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, meresmikan bangunan sarana dan prasarana Mapolres Ciamis, Jum’at (24/05/2024).

Salah satu titik sorot adalah pembangunan lapangan tembak dan pos lalu lintas pahlawan. Selain itu, berbagai fasilitas lainnya juga turut diresmikan, menandai komitmen Polres Ciamis untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja.

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, menegaskan pentingnya infrastruktur yang didukung oleh SDM yang berkualitas.

Dia juga memberikan apresiasi atas inovasi yang ditunjukkan oleh Kapolres Ciamis dalam pembangunan sarana prasarana ini.

“Lapangan tembak ini tidak hanya untuk kepentingan anggota Polri, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh Perbakin. Kolaborasi dengan organisasi cabang olahraga ini akan memastikan pemanfaatan yang optimal sesuai dengan kategorinya,” kata Kapolda.

Namun demikian, Kapolda menekankan bahwa pembangunan ini bukanlah ajakan untuk bertindak di luar aturan. “Tindakan tegas hukum adalah langkah terakhir dalam menjalankan tugas, terutama dalam bidang penegakan hukum,” tambahnya.

Ia juga mengatakan peningkatan infrastruktur juga harus disertai dengan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Kehadiran polri di tengah-tengah masyarakat adalah jaminan keamanan dan ketertiban. Masyarakat dapat merasa tenang ketika kita hadir dalam penyelesaian masalah keamanan yang ada,” ujar Kapolda, menegaskan peran penting polisi dalam menjaga stabilitas di masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Ciamis, AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., menyampaikan rasa bangganya bahwa lapangan tembak dan pos lalu lintas pahlawan telah secara resmi diresmikan oleh Kapolda.

“Lapangan tembak yang baru ini tidak hanya untuk keperluan anggota, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh komunitas yang tergabung dalam Perbakin,” ungkap Kapolres.

Kemahiran menembak menjadi keharusan bagi setiap anggota, terutama dalam pengajuan senjata api. “Ini adalah salah satu syarat penting yang harus dipenuhi sebelum penggunaan senjata api, dan lapangan tembak akan menjadi tempat latihan yang ideal,” tambahnya.

Sementara itu, pos lalu lintas pahlawan telah aktif digunakan, terutama selama operasi ketupat. “Pos ini menjadi pusat pengawasan dan pengaturan lalu lintas, memastikan keamanan dan kelancaran bagi masyarakat selama perayaan,” jelas Kapolres.

Dengan peresmian ini, diharapkan Polres Ciamis dapat lebih efektif dalam menjalankan tugasnya untuk memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Share This :