Para Pengurus Kampung KB Tanjung Gumulung Desa Sidamulya Cisaga berfoto bersama dengan Ketua TP PKk Kabupaten Ciamis, Kadis P2KBP3A, Camat Cisaga usai mengikuti Grand Final Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat secara virtual dari Aula Setda Ciamis, Jum’at, 24/12/2021.

Ciamis,- Kampung KB Tanjung Gumulung yang beralamat di Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Ikuti Apresiasi Kampung KB Terbaik Tk. Prov. Jabar Tahun 2021 Secara Virtual dari Aula Setda Kabupaten Ciamis. Jumat, 24/12/21.

Kepada tim juri, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menjelaskan bahwa modal keberhasilan Kabupaten Ciamis adalah dengan membangun kerjasama pentahelix dengan melibatkan semua unsur untuk menciptakan kampung yang sehat dan bersih.

“Terutama untuk menunjang visi Kabupaten Ciamis yaitu tingkatkan kemandirian, sejahtera ekonomi, sejahtera untuk semua”. Ungkapnya.

Menurut Bupati, capaian tersebut tentu kita tidak dapat berjalan sendiri-sendiri, perlu bekerja sama, bahu-membahu dan berkolaborasi dengan melibatkan lintas sektor.

“Lomba ini, bagi kami bukan segala-galanya, akan tetapi bagaimana untuk memotivasi semua desa, Dusun Cinyenang Desa Sidamulya Kecamatan Cisaga ini adalah pilot projeknya “. Imbuhnya.

Untuk kemajuan ini, Bupati Herdiat menuturkan Pemda sangat mendukung mulai dari regulasi, anggaran dan kebijakan yang semata-mata tentu untuk kemajuan masyarakat dan desa. Tuturnya.

Bupati juga menginformasikan, berbagai prestasi sudah Pemkab Ciamis raih.

“Di akhir tahun ini saja, ada 7 prestasi yang di raih dan semuanya adalah prestasi peringkat kesatu”. Ujarnya.

“Itu membuktikan kita mampu terus berkarya, berinovasi dan berkolaborasi sekalipun dalam masa pandemi “. Imbuhnya.

Sambungnya, Bupati Herdiat sangat bangga dengan motivasi semangat masyarakat Kabupaten Ciamis untuk maju.

“Ini terbukti walaupun dalam situasi pandemi, tetapi tidak menyurutkan semangat keinginan masyarakat Kabupaten Ciamis untuk maju dan lebih baik lagi. Ungkapnya.

“Pemda Ciamis, apapun untuk kemajuan masyarakat akan selalu membackup dan mendukung kemajuam masyarakat Kabupaten Ciamis”. Tuturnya.

Sementara itu terkait visi misi terkait intervensi kemajuan kampung KB kedepan, Bupati Ciamis mengatakan dirinya mempunyai harapan dan keinginan masyarakat Kabupaten Ciamis bisa terus berkembang dalam segala bidang yang artinya harus selalu bahu-membahu.

“Harapan kami, pertama adanya sinergitas dari sisi regulasi baik dari tingkat pusat, provinsi, daerah bahkan sampai desa dapat menyambung dan akan sangat mendukung dalam menunjang segala hal untuk kemajuan”. Harapnya.

Kedua adalah anggaran, yaitu terutama dalam kondisi pandemi ini sangat berpengaruh.

“Kami sangat salut terhadap para kuwu dan desa serta masyarakat di bawahnya atas semangat yang tidak surut dalam berinovasi dan berkarya. Tandasnya.

Sinergitas Pentahelix

Ditambahkan Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat mengatakan untuk sinergitas PKK sendiri yaitu dengan memaksimalkan semua pokja di PKK melalui berbagai macam kegiatan yang ada di kampung KB dan TP-PKK desa.

“Kita juga bekerjasama dengan dinas-dinas terkait, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, DPMD, Dinkes, Diskominfo dan lainnya”. Jelasnya.

Senada disampaikan Kadis DP2KBP3A, Dian Budiana mengungkapkan bahwa semua capain prestasi Kabupaten Ciamis adalah dengan sinergitas pentahelix.

“Selain daripada pemerintahan, pihaknya juga bekerjasama dengan melibatkan berbagai perusahaan, akademisi dan lain sebagainya termasuk awak media”. Jelasnya.

Dipenghujung acara, Tim penilai dari Provinsi Jawa Barat, Dr. Fery mengucapkan rasa sangat bangga dan mengapresiasi terhadap semua pihak atas sinergitas pentahelix Kabupaten Ciamis, terutama kepada para pengurus Kampung KB Tanjung Gumulung. Ujarnya

“Sekarang Kampung KB Tanjung memasuki babak final, Kabupaten Ciamis ini selalu menjadi juara bertahan yang berturut-turut dan sepertinya tahun ini juga akan menjadi juara lagi, dimana itu juga dampak dari kebijakan dan sinergitas yang di bangun di Kabupaten Ciamis “. Tutupnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis Cucu dan Wahyu

Share This :