CIAMIS, – Untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran dalam berlalu-lintas, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan peluncuran Area Traffic Control System (ATCS) Kabupaten Ciamis secara virtual.

ATCS merupakan sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

Peresmian ATCS ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Asisten Daerah 2 Aef Saefuloh bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis. Kamis, (30/03/2022).

Diketahui, ada sebanyak 135 titik kamera pemantau arus jalan secara keseluruhan di Kabupaten Ciamis dengan rincian 34 persimpangan dan 101 sisanya adalah kamera di ruas jalan.

Dalam sambutannya, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan pengendalian lalu lintas mutlak harus dilakukan salah satunya dengan mengikuti perkembangan tehnologi.

“Jabar selalu banyak inovasi untuk menjadi lebih baik, tiada lain ingin masyarakat merasakan hadirnya Pemprov sebagai pelayanan bagi masyarkat, ” Ucap Wagub.

Wagub berharap dengan ATCS ini diharapkan mampu membawa kebaikan bagi pengendara terutama bisa mengurangi tingkat kecelakaan.

“Mudah-mudahan dengan adanya ATCS ini pengendara tidak lalay serta tidak melanggar, lebih jauhnya tidak terjadi kecelakaan, ” Harapnya.

Sementara itu Asisten Daerah 2, Aef Saefullah mengucapkan terimakasih pada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, serta kadishub atas perhatian yang luar biasa kepada Kabupaten Ciamis dengan telah diresmikanya ATCS ini.

“ATCS ini sangat luar biasa manfaatnya bagi kami dengan beberpa titik simpang yang terpantau setiap saat, selain itu juga sebagai sarana sosialisasi, edukasi serta informasi khususnya terkait tertib lalulintas untuk menekan angka kecelakaan, ” Ucapnya.

Dikatakan Asda bahwa bantuan ini menjadi sebuah komitmen bersama untuk membangun kabupaten yang smart dengan memanfaatkan tehnologi dan digitalisasi.

“Dengan sistem ini, bagaimana koordnasi bisa lebih cepat, utamanya terkait 5 pilar keselamatan, ” Ujarnya

Selain Kabupaten Ciamis, terdapat 3 Kabupaten lainya yang melaksanakan peresmian secara bersamaan yakni Kabupaten Sumedang, Bandung Barat dan Kabupaten Subang.

Diskominfo Ciamis
Sumber Prokopim

Share This :