CIAMIS, – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri acara gelar Budaya ‘Nyuguh’ di Kampung adat Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari pada Kamis, (22/09/2022).

‘Nyuguh’ merupakan salah satu budaya atau tradisi Kampung Adat Kuta yang dilaksanakan pada tanggal 25 Shafar setiap tahunnya, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kelancaran dan kenikmatan bagi masyarakat Kampung Adat Kuta.

Acara budaya tersebut turut dihadiri perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kepala Balai Pelestarian Jawa Barat, Dandim 0613 Ciamis, Kepala Disbudpora Ciamis serta tokoh agama dan masyarakat.

Wakil Bupati Ciamis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis sangat kaya akan budaya leluhur, baik warisan budaya benda maupun warisan budaya tak benda.

“Ciamis kaya dengan warisan budaya, Kadisbudpora sudah melakukan riset dimana sekarang sudah ada 1.000 lebih situs warisan budaya benda maupun tak benda,” Ucap Wabup

Wabup menjelaskan bahwa budaya ‘Nyuguh’ ini sebagai bentuk rasa syukur warga kampung adat atas hasil panen yang diperoleh dengan diiringi dengan kesenian tradisional setempat.

“Kegiatan ini pun salah satu warisan budaya yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda, maka tugas kita adalah menjaga dan melestarikannya” Jelasnya.

Ia juga berharap budaya ‘Nyuguh’ ini dapat dijadikan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Ciamis, sehingga dapat lebih menarik wisatawan lokal maupun regional.

“Dengan ditunjang oleh infrastruktur yang baik, kami berharap budaya ‘Nyuguh’ ini dapat lebih dikemas dengan sedemikian rupa sehingga menjadi destinasi wisata dan dapat lebih menarik wisatawan,” Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Ciamis berkesempatan menyerahkan Sertifikat Warisan Budaya Takbenda Indonesia atas Budaya Nyuguh dan Gondang Buhun dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi RI kepada Ketua Adat Kampung Kuta.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :