Ciamis – Bupati Ciamis Dr.H.Herdiat Sunarya hadiri acara BUMDes Awards dan Penyerahan Penghargaan Kepada Desa Mandiri dan Kecamatan Mandiri di Kab. Ciamis Tahun 2022, Senin (12/12) Bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis.

Acara yang terlaksana atas kerjasama antara Pemkab Ciamis dan Kejaksaan Negeri Ciamis melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) guna menumbuhkan motivasi dan kinerja BUM Desa di seluruh Kabupaten Ciamis, telah terlaksana dengan berbagai tahapan dimulai dari enam bulan yang lalu dan menghasilkan para Juara.

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat menyampaikan rasa bahagianya atas penyelenggaraan acara tersebut, dikarenakan acara tersebut bisa terlaksana berawal dari tantangan menghadapi Pandemi Covid-19.

“Suatu kebahagiaan bagi Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat menyelenggarakan kegiatan ini, yang berawal dari kita menghadapi tantangan pandemi Covid-19,” Terang Bupati Ciamis

“Tetapi, Bapak Ibu terutama para Kepala Desa dan pimpinan BUMDes tantangan ini dijadikan suatu peluang, dan Bapa Ibu juga dapat membuktikan bahwa laju pertumbuhan ekonomi di Kab Ciamis secara umum lebih baik dibanding Jawa Barat,” tambah Bupati Herdiat.

Bupati juga menerangkan, bahwa di tahun 2022 ini ada 76 Desa yang mampu melompat dari kriteria Desa Maju menjadi Desa Mandiri.

Jika dibandingkan dengan tahun 2019 hanya terdapat 6 Desa Mandiri, berbeda dengan tahun sekarang secara keseluruhan sudah mencapai 168 desa yang masuk kategori Desa Mandiri di Kabupaten Ciamis.

Kemudian membahas tentang Inflasi dan Ressesi, Bupati Herdiat meyakini bahwa Kabupaten Ciamis insyaallah sudah siap menghadapi ressesi di tahun 2023, apalagi di bidang pertanian dan peternakan.

“Berbicara tentang inflasi kita juga lebih kecil dibanding Jawa Barat, ini berkat bapak dan ibu semua bagaimana semuanya menjadikan sebuah tantangan menjadi peluang,” Terang Bupati.

“Saya yakini, untuk menghadapi resesi kedepan insyalloh kita sudah siap, apalagi di bidang pertanian dan peternakan,” Tandas Bupati Herdiat.

Kemudian Direktur Pelayanan Investasi Kementerian Desa PDTT, Dr Supriyadi, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis atas inisiatif yang dilakukan dengan memberikan penghargaan kepada desa-desa yang mampu meningkatkan kualitas pembangunan desa menjadi desa mandiri.

“Kami memberikan apresiasi atas inisiatif berkaitan dengan pemberian penghargaan kepada desa-desa yang mampu meningkatkan kualitas pembangunan desa menjadi desa mandiri,” Terangnya.

Lanjut beliau menyampaikan bahwa acara Bumdes Award yang diselenggarakan ini sangatlah baik sekali, Semoga kegiatan ini bisa dijadikan template dan insyalloh akan saya sampaikan kepada sekjen sehingga semua ini bisa dijadikan sebagai model untuk upaya pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat karena ini adalah era desa membangun, bukan membangun desa.

Acara dilanjut dengan pemberian Penghargaan BUMDes Awards serta penghargaan piagam dan lencana kepada simbolis peraih Desa Mandiri yang diserahkan oleh Bupati Ciamis.

Adapun pemenang BUMDes Awards 2022 adalah sebagai berikut:
Juara 1 diraih oleh BUMDes Panji Bona Desa Werasari, Kec.Sadananya
Juara 2 diraih oleh BUMDes Maju Bersama, Desa Bantarsari Kec. Pamarican
Juara 3 diraih oleh BUMDes Rahayu Waluya, Desa Panjalu, Kec. Panjalu

PROKOPIM CIAMIS

Share This :