Kabupaten Ciamis,- Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra dalam acara Gelar Inovasi Budaya Daerah dan Launching Buku Tatar Galuh Ciamis Kota Seribu Situs di pelataran Situs Ciung Wanara Karang Kamulyan Ciamis. Senin, 19/12/22.

Sebelum mengawali sambutannya, Wabup Ciamis Yana mewakili Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bupati Ciamis dikarenakan adanya kegiatan lain di luar kota, Katanya.

Selanjutnya, Wabup mengungkapkan, “hari ini alhamdulillah kita sudah mempunyai sebuah buku yaitu “Buku Tatar Galuh Ciamis Kota Seribu Situs” dan kita selaku masyarakat tatar galuh ciamis patut bersyukur karena telah banyak di anugerahi budaya-budaya dan situs atas peninggalan para leluhur.

“Rasa syukur ini adalah agar bagaimana kita untuk terus melindungi, melihara dan bahkan mengembangkan apa saja yang menjadi warisan leluhur kita”, Ajaknya.

Wabup juga menambahkan, kegiatan di situs karang kamulyan ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Ciamis terhadap warisan budaya dan kita sebagai para penerusnya untuk selalu melestarikan warisan budaya leluhur, Jelas Wabup

Ya, banyak kesenian tradisional yang sudah kita lihat baik kesenian-kesenian tradisional maupun kesenian kontemporer.

“Menurut saya, budaya adalah sebuah peradaban di jamannya sehingga tidak ada salahnya adanya budaya kontemporer”, Ujarnya.

Menurut Wabup, sebuah inovasi dengan penggabungan antara kesenian budaya tradisional dengan mengikuti era teknologi atau era globalisasi adalah suatu keharusan dan keniscayaan yang tidap dapat dipungkiri.

“Seperti hal nya dengan tampilan video animasi yang mempertontonkan alur cerita leluhur Kerajaan Galuh, sehingga para generasi anak saat ini lebih tertarik dan menjadi semakin mudah dipahami”, Imbuh Wabup.

Dari lahirnya inovasi tersebut, Wabuo berharap bahwa dalam mengembangkan budaya leluhur ini mampu dimanfaatkan menjadi daya tarik dan dapat menghidupkan masyarkatnya itu sendiri.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada seluruh para penggiat budaya di Kabupaten Ciamis, insyalloh kedepan akan kami upayakan agar bagaimana para penggiat kebudayaan ini mendapat apresiasi yang lebih”, Ucapnya.

Terakhir, dengan buku ini Wabup mengharapkan akan mampu mendatangkan para wisatawan dari luar daerah sehingga lebih tertarik lagi berkunjung ke Kabupaten Ciamis. Singkatnya

Sementara diterangkan Kadisbudpora Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan mengatakan, inovasi budaya daerah dan launching buku Tatar Galuh Ciamis kota seribu situs tersebut berawal dari terinsfirasi bahwa tanah Kabupaten Ciamis setiap jengkalnya adalah situs dan data jumlah situs yang sudah tercatat adalah sebanyak 1.218 situs, selain itu Erwan juga meyakini dari jumlah tersebut masih ada yang belum semuanya terungkap.

Terakhir, Erwan menginformasikan sebagai inovasi strategi pengenalan sejarah Tatar Galuh Kabupaten Ciamis, pihak Disbudpora memanfaatkan kecanggihan era teknologi dengan membuat film animasi 2 dan 3 Dimensi serta Game Tatar Galuh Ciamis yang diproduksi oleh SMKN 1 Kawali Ciamis. Pungkasnya

Hadir pada acara tersebut, Wabup Ciamis Yana D. Putra didampingi Sekda Kab. Ciamis H. Tatang, jajaran Unsur Forkopimda, seluruh Camat se-Kabupaten Ciamis, para tokoh Budayawan, para seniman dan tamu undangan lainnya.

Share This :