Mewakili Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah Kab. Ciamis H. Tatang sedang membacakan sambutannya pada acara Launching Calender Of Event 2023 

Kabupaten Ciamis,- Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dan mendongkrak kunjungan wisata di Kabupaten Ciamis, Pemerintah Daerah melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) melaunching Calendar Of Event Ciamis 2023.

Acara launching tersebut dilakukan secara simbolis dengan membunyikan sirine secara bersama-sama oleh Sekretaris Daerah Ciamis, H. Tatang bersama jajaran Forkopimda Ciamis bertempat di Aula Disdik Ciamis, Jum’at malam (10/02/2023).

Diketahui bahwa acara peluncuran Calendar of Event Ciamis 2023 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan event di Kabupaten Ciamis pada tahun 2023. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata Kabupaten Ciamis.

Sekretaris Daerah, H. Tatang yang hadir mewakili Bupati Ciamis dalam sambutannya menyampaikan salah satu sektor yang mempunyai peran penting dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi yaitu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sektor pariwisata selama masa pandemi merupakan sektor yang paling terdampak dimana berbagai aktivitas pariwisata seperti event pertemuan, pameran, pagelaran seni budaya, konser tidak bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda mengatakan bahwa Kabupaten Ciamis dianugerahi kekayaan alam, budaya serta tradisi masyarakat yang luar biasa, sebagai salah satu aset yang tak ternilai dan meski dikembangkan.

“Semua potensi dari pesona yang dimiliki tersebut tentunya harus diiringi upaya untuk menggugah minat pasar atau wisatawan untuk dapat berkunjung dan menikmati berbagai keindahan destinasi wisata, ekonomi kreatif dan event yang terdapat di Kabupaten Ciamis” Katanya.

Maka salah satunya dengan dilakukannya launching calendar of event Ciamis 2023 sebagai salah satu strategi pemasaran dalam menggugah minat para wisatawan untuk berkunjung ke Ciamis.

Sekda Kab. Ciamis beserta seluruh jajaran, Unsur Forkopimda menekan tombol sirine secara bersamaan sebagai tanda launching

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada wisatawan sehingga tergerak untuk dapat berkunjung ke Tatar Galuh yang kita cintai ini,” Ucap Sekda.

Menurutnya, calendar of event ini semacam navigasi yang akan mengarahkan wisatawan dalam merencanakan kegiatan perjalanan wisatanya.

Oleh karena itu, event-event yang disuguhkan merupakan event konsisten dan konstan serta benar-benar berkualitas dalam pelaksanaannya sehingga mempunyai dampak positif yang berarti bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Maka kami berharap semoga kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini untuk terus dapat ditingkatkan, karena event yang masuk dalam kalender event merupakan event yang mempunyai potensi dan karakter yang kuat dan unik, tidak sekedar dibuat tapi harus direncanakan dan mempunyai nilai jual,” Jelasnya.

Sementara itu, Kepala BP2D Ciamis Endang Haris Juandana mengatakan bahwa tidak dipungkiri penyelenggaraan event seni budaya dan pariwisata yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Ciamis merupakan aset yang tak ternilai.

Sehingga apabila dikelola dengan baik akan memberikan dampak besar dalam mendongkrak arus wisatawan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memajukan kebudayaan.

“Penyusunan kalender event ini sangat berguna untuk memberikan informasi dan mempromosikan berbagai event pada wisatawan,” Jelasnya.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :