Kabupaten Ciamis,- Pengukuhan DPC Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) se-Kabupaten Ciamis dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis. Rabu, 22/02/23.

Dalam sambutannya Wabup Yana mengatakan sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan dalam pemulihan ekonomi di Kabupaten Ciamis.

Ya, Kabupaten Ciamis merupakan daerah agraris dengan luas wilayah 1.595,94 KM² dan jumlah penduduk diatas 1 juta jiwa, dimana sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani atau buruh tani, Jelasnya.

Kata Wabup, Kabupaten Ciamis berhasil mengendalikan laju pertumbuhan ekonomi dari semula terkontraksi sebesar 0,14% pada tahun 2020 dan pada tahun 2021 tumbuh sebesar 3,66%.

“Oleh karenanya pembangunan pertanian menjadi sangat penting dalam mendorong pembangunan ekonomi dan menjaga ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Ciamis”, Imbuhnya.

Menurut Wabup, hal ini menjadi isu strategis terlebih beberapa waktu kebelakang telah melaksanakan Musrembang tingkat Kecamatan.

Peningkatan kualitas SDM, pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan menjadi bagian dari isu strategis perencanaan pembangunan tahun 2024.

Hal ini tentunya sangat relevan dengan tugas para penyuluh pertanian dilapangan dalam membangun SDM petani agar menjadi lebih mandiri dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumberdaya lainnya guna meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraan petani, Papar Wabup.

Pada kesempatan tersebut, Wabup juga berkata bahwa penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam pembanguna pertanian.

Wabup juga mengajak kepada para penyuluh pertanian di Kabupaten Ciamis untuk senantiasa menjaga kekompakan, meningkatkan kompetensi, serta selalu termotivasi untuk terus mengikuti perkembangan teknologi guna menjawab tantangan pembangunan pertanian di masa mendatang.

“Pertanian yang presisi, pertanian yang menguntungkan, pertanian yang mampu meningkatkan kesejahteraan petani”, Sambungnya.

Mengakhiri sambutannya, sebagai organisasi profesi penyuluh pertanian Wabup Yana mengharapkan hal ini menjadi media dalam membangun jiwa korsa dan mengembangkan profesionalisme para penyuluh pertanian yang handal, kompeten dan berdaya saing.

Tambah Wabup, keberadaan Perhiptani diharapkan dapat membantu Pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien dan produktif.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ciamis, kami menyampaikan ucapan selamat kepada para penyuluh pertanian yang sudah dikukuhkan menjadi pengurus DPC Perhiptani se-Kabupaten Ciamis masa bakti 2022-2027, jalankan amanat dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab”, Tandasnya.

Share This :