CIAMIS, – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 pada Kamis (16/3/2023).

Bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda, Musrenbang RKPD diikuti oleh unsur Forkopimda, seluruh Kepala OPD, Camat, tokoh masyarakat, organisasi wanita, akademisi, pelajar, hingga lembaga swadaya masyarakat baik secara langsung maupun virtual.

Dalam pelaksanaan Musrenbang tahun ini Pemkab Ciamis akan memfokuskan pada peningkatan kinerja, pengoptimalan program kegiatan serta menuntaskan target Pembangunan.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah, H. Tatang saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten, mewakili Bupati Ciamis yang pada kesempatan itu berhalangan hadir.

“Dalam pelaksanaan program pembangunan tahun 2023 yang saat ini mulai berjalan, saya berharap seluruh jajaran pemerintah daerah dapat lebih
meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan program kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga mampu menuntaskan target pembangunan yang ditetapkan,” ucapnya.

Dikatakannya hal tersebut semata-mata bertujuan untuk membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Ciamis ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera.

Sekda melanjutkan dalam rangka penguatan potensi unggulan daerah, sektor-sektor pendukung peningkatan perekonomian masyarakat perlu diprioritaskan antara lain seperti sektor pertanian, peternakan, perikanan dan pariwisata.

Menurutnya, sektor tersebut merupakan sektor yang cukup strategis dan banyak menyerap tenaga kerja serta memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian daerah.

Sedangkan, dalam hal peningkatan potensi SDM, Sekda sampaikan perlu memprioritaskan program
kegiatan yang dapat mengakselerasi penurunan angka
kemiskinan serta peningkatan akses pendidikan dan
kesehatan.

“Saya berharap kepada seluruh jajaran perangkat daerah untuk senantiasa membangun kolaborasi dan sinergi dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan, sehingga pelaksanaan pembangunan
pada tahun 2024 semakin terarah, terukur dan akuntabel,” Paparnya.

“Terutama dalam menjawab isu-isu strategis serta permasalahan dan
tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan
masyarakat Kabupaten Ciamis, ” Imbuhnya.

Disampaikannya bahwa semua itu tidak akan berjalan lancar bila hanya dijalankan oleh Pemerintah Daerah saja, kerjasama dan partisipasi seluruh komponen masyarakat menjadi modal terbesarnya.

“Kritik membangun, saran dan
dukungan sangat dibutuhkan dari semua pihak, pintu untuk memberikan saran akan selalu terbuka, salah satunya melalui Musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini,” Pungkas Sekda.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :