Kabupaten Ciamis,- Hal tersebut dibahas oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin berjalannya acara Rapat Koordinasi tingkat Kabupaten Ciamis bersama seluruh SKPD, Camat dan Jajaran Forkopimda dengan pokok tema bahasan “Pengamanan hari raya idul fitri 1444 H Kabupaten Ciamis Tahun 2023”, di Aula Setda Kabupaten Ciamis. Kamis, 13/04/23.

Dalam rakor tersebut, ada beberapa hal yang menjadi bahan rancangan kesiapan Bupati Herdiat untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Adapun diantaranya Bupati membahas kaitan dengan pengamanan arus mudik yang sudah mulai berlangsung, penyiapan layanan posko-posko pengamanan dan kesehatan, kesiapan keamanan dan sarpras untuk keberlangsungan ibadah shalat Idul Fitri, rekayasa lalu lintas (Lalin) menjelang H-7 sampai dengan H+7 karena Kab. Ciamis sebagai jalur lintasan.

Dalam persiapan di sektor pelayanan kesehatan menjelang idul Fitri Bupati Sudah menyiapkan 44 ambulans untuk memberikan pelayanan selama libur lebaran, Bupati juga memberikan instruksi untuk menyiapkan mobil pemadam kebakaran dalam menghadapi kondisi darurat pada libur idul Fitri.

Selanjutnya juga kaitan dengan kesiapan layanan kesehatan di setiap Puskesmas yang dilewati jalur protokol, kesiapan layanan ambulance, kesiapan pihak keamanan-keamanan lainnya atau kaitan dengan ketertiban umum, pengamanan harga pangan pokok, mempersiapkan ketertiban pendistribusian bantuan dari Pemerintah Pusat berupa beras sebanyak 199.757 Kpm yang akan menerima bantuan beras masing-masing 10 Kg dan dilaksanakan sebelum lebaran, pemberitahuan kaitan pelaksanaan cuti bersama untuk para ASN dimulai tanggal 19 sampai dengan 25 April 2023 atau H-3 sampai dengan H+3. Bebernya.

Lebih lanjut, diluar tema tersebut Bupati juga mengajak kepada seluruh Camat se-Kabupaten Ciamis agar tetap mensosialisasikan protokol kesehatan sekalipun sudah dilakukan pencabutan PPKM dan ajakan untuk pelaksanaam Vaksin Polio kepada seluruh masyarakat khusus untuk yang memiliki balita usia 0 s/d 59 bulan.

Sementara, Kapolres Ciamis Tony Prasetyo menambahkan untuk pemudik tahun ini kenaikan pemudik ditaksir mengalami kenaikan sebesar 14% atau dari tahun yang sebelumnya terdapat 80 juta pemudik menjadi 120 juta jiwa pemudik yang melintasi Jawa Barat, Terangnya.

“Alhamdulillah tahun ketahun kita bisa melewatinya dengan baik dan intensitas kedepan diprediksi akan terus meningkat. Kami Polri siap kerahkan 500 personil yang terdiri dari TNI, Polri dan Dinas lain atau elemen-elemen lainnya”, Ujar Tony.

“Dalam kesempatan ini saya pribadi mengapresiasi betul kepedulian bupati herdiat atas kepeduliannya yang sangat besar terhadap keamanan warganya menjelang hari raya idul fitri”, Tandasnya.

Share This :