Kabupaten Ciamis,- Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra resmi membuka Kejuaraan Silat Terbuka Antar Perguruan Tatar Galuh Open Ke-5 Tingkat Pelajar dan Umum Senior di Gedung Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis pada Jum’at, 05/05/23.

Sebagai Inspektur upacara pada pembukaan tersebut, Wabup Ciamis, Yana mengatakan bahwa kejuaraan silat yang digelar saat ini merupakan pergelaran yang kelima kalinya.

“Kejuaraan Tatar Galuh Open ini adalah yang kelima kalinya, terimakasih dan apresiasi tinggi kepada jajaran panitia dan perguruan,” Ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Yana mengharapkan, kejuaraan ini dapat memperkuat tali silaturahmi antar perguruan silat di Kabupaten Ciamis dan melahirkan kembali atlet-atlet pencak silat yang berprestasi.

“Mudah-mudahan silaturahmi antar kita semua itu bisa senantiasa terjaga dengan baik dan mudah-mudahan melalui kegiatan ini nantinya bisa melahirkan atlet pencak silat yang berprestasi di tingkat Nasional bahkan Internasional,” harapnya.

Lebih lanjut Wabup menjelaskan, perkembangan pencak silat di Ciamis perlu terus ditingkatkan untuk mengimbangi prestasi pencak silat di Kabupaten dan kota lainnya.

“Kaitan hal tersebut, saya menitipkan agar anak-anak usia dini dapat dilatih dan lebih diperhatikan lagi, selain itu juga saya menginginkan pelatih yang melatih para atlet nantinya merupakan guru besarnya langsung”, Tegas Wabup.

“Saya titip pembinaan-pembinaan terhadap anak-anak di usia dini tolong lebih di perhatikan, kalau di Brazil kenapa sepak bola mendunia itu karena anak-anak usia 5 tahun sudah dilatih oleh pelatih yang bersertifikat. Sedangkan di Indonesia dilatih oleh kakaknya yang sedikit lebih tinggi,” ujarnya.

“Saya harap kedepannya tidak seperti itu lagi, karena seperti gedung itu bagaimana pondasinya. Jadi, harus guru besar yang turun melatih di pencak silat,” lanjutnya.

Wabup Yana yakin, bahwa jika guru besarnya yang turun langsung melatih para atlet. Maka bukan mimpi jika nantinya Ciamis dapat kembali berprestasi.

“Saya yakin akan berbeda jika dilatih oleh guru besarnya dan saya yakin akan kuat, saya yakin bukan suatu angan-angan Ciamis dapat berprestasi di pencak silat. Jika apa yang tadi saya sampaikan dilakukan, meskipun membutuhkan waktu,” tutur Wabup.

Dipenghujung acara, Wabup juga menitipkan agar pertandingan ini dapat menjaga sportifitas kepada para atlet dan juga wasit dan juri harus objektif dalam memberikan penilian.

“Saya titip sportifitas, wasit dan juri bertindak objektif. Jangan sampai anak-anak kita yang masih tinggi idealismenya jangan sampai terkena oleh keputusan-keputusan yang tidak objektif,” Ajaknya.

“Melalui kejuaraan ini, kedepannya di olahraga bela diri melalui event-event ini terlahir kembali atlet dan menjadi lebih baik dari prestasi-prestasi sebelumnya,” Tandasnya.

Pembukaan kejuaraan silat tersebut dihadiri oleh Forkopimda Ciamis, Ketua Koni Ciamis, dan pihak lainnya yang terkait.

Share This :