Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri kelulusan SMA Negeri 1 Ciamis di gedung K.H. Irfan Hielmy (Islamic Center) Ciamis, pada Senin, 15/05/23.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pertama mengucapkan selamat kepada para siswa-siswi SMA Negeri 1 Ciamis, ia juga mengaku bangga sebagai alumni di sekolah tersebut.

“Selamat kepada para siswa yang sudah lulus yang sebentar lagi akan meninggalkan SMA Negeri 1 Ciamis. Saya sebagai alumni SMA Negeri 1 Ciamis sangat merasa bangga dengan keberadaan SMA Ciamis ini yang luar biasa,” kata bupati dalam sambutannya.

“Tadi disampaikan, ada 57 prestasi di tahun 2022 yang dicapai. Tentu tidak mudah meraih prestasi tersebut karena ada pembinaan dan pengawasan dari pihak sekolah,” sambungnya.

Bupati mengharapkan kepada orang tua murid agar mendorong anak-anaknya untuk melanjutkannya ke bangku perkuliahan, karena para anak-anak ini nantinya merupakan generasi penerus bangsa.

“Untuk para alumni yang telah lulus dan para orang tua murid, diharapkan didorong ke jenjang yg lebih tinggi lagi ke bangku perkuliahan. Mau di Ciamis atau mau dimanapun semuanya sama, yang penting anak-anak dapat meneruskan kuliah atau ke jenjang yang lebih tinggi. Karena anak-anak ini sebagai harapan untuk membangun Ciamis, Jawa Barat, bahkan Indonesia,” harapnya.

Selanjutnya, bupati juga menginformasikan, bahwa saat ini terdapat alumni dari SMA Negeri 1 Ciamis yang menjadi Bupati, diantaranya yaitu Bupati Ciamis dan Bupati Pangandaran. Ia juga mengharapkan agar para alumni SMA Negeri 1 Ciamis dapat menjadi penerus para pemimpin.

“SMA Negeri 1 Ciamis hari ini, ada 2 alumni yang menjadi bupati. Satu Bupati Ciamis dan satu lagi Bupati Pangandaran, anak-anak harus bisa meneruskan roda pemerintahan menjadi pemimpin-pemimpin yang profesional dan bermartabat. Malah jenjangnya harus lebih tinggi, hari ini Bupati besok lusa Gubernur Jawa Barat harus dari SMA Negeri 1 Ciamis, bahkan Presiden juga tidak menutup kemungkinan dari SMA Negeri 1 Ciamis. Kita harus punya mimpi, sehingga menumbuhkan motivasi semangat untuk belajar,” paparnya.

“Saya titip untuk menuntut ilmu yang tinggi, tapi harus ingat ke daerah yaitu Ciamis. Bangun Ciamis ini oleh kalian semua, sehingga Ciamis akan betul-betul maju dan masyarakatnya lebih sejahtera,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati Herdiat juga memberikan saran, jika ada yang tidak meneruskan ke bangku perkuliah. Para siswa memiliki peluang usaha atau bekerja di Ciamis.

“Seandainya ada yg tidak melanjutkan ke bangku perkuliahan, peluang- untuk bekerja dan berusaha di Ciamis sangat memungkinkan. Mau itu jadi pengusaha atau petani yang milenial,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Herdiat memberikan beberapa pesan kepada para alumni SMA Negeri 1 Ciamis yaitu agar senantiasa beribadah dan terus semangat dalam menghadapi kehidupan.

“Tiga hal yg perlu saya sampaikan kepada para alumni. Pertama, kalian semua harus taat beribadah dan selalu berdoa. Kedua, harus mempunyai mimpi, harus visioner dan mempunyai cita-cita yang tinggi. Ketiga, kita hidup di dunia ini banyak sekali tantangan dan hambatan sehingga tidak boleh menyerah dan harus mempunyai semangat juang yang tinggi. Keempat, melaksanakan hidup ini dengan kasih sayang,” bebernya.

Bupati juga menghimbau kepada para siswa dan alumni, agar tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif seperti narkoba dan seks bebas.

“Saya titipkan anak-anak karena bagaimanapun ini masalah narkoba sangat mengancam kita semua, kalian para siswa tidak boleh mencoba-coba, harus menjauhi dan perangi narkoba ini,” Tegas Bupati.

“Kemudian masalah seks bebas hati-hati juga, malah tidak sedikit anak-anak kita masyarakat Kabupaten Ciamis yang terkena AIDS. Hati-hati ini tidak boleh terjadi dan tidak boleh berani mencoba-coba, ini perlu pengawasan dan pengendalian dari orang tua agar putra putri kita tidak terjerumus ke hal negatif,” Tambahnya.

Share This :