Kabupaten Ciamis,- Galuh Digital Fest (GDF) kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk ke dua kalinya bertempat di Taman Lokasana Ciamis, Minggu (11/06/2023).

GDF digelar oleh Pemkab Ciamis berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya sebagai upaya kembangkan ekosistem digital di Kabupaten Ciamis.

Selain itu dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-381 serta mendukung program Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra beserta Jajaran Forkopimda Ciamis, Sekretaris Daerah, para Kepala SKPD terkait serta para tamu undangan lainnya turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Acara diisi oleh sejumlah kegiatan seperti penampilan berbagai kesenian dan talent lokal, lomba-lomba kreativitas, layanan pembayaran pajak, talkshow, pameran UMKM dan ekonomi kreatif serta operasi pasar murah dengan QRIS.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan bahwa digitalisasi saat ini telah mempermudah berbagai urusan pemerintah daerah dan sektor swasta yakni menjadi lebih praktis dan efisien.

Serta mempunyai sejumlah manfaat seperti meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, menciptakan good governance, lebih transparan dalam bertransaksi, akuntabel dan keamanan data lebih terjamin.

“Untuk masyarakat manfaat dari digitalisasi seperti kehilangan uang dapat diminimalisir, proses pembayaran menjadi lebih cepat dan praktis serta dapat pula mencegah beredarnya uang palsu,” terangnya.

Wabup mengaku sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan GDF ini dan berharap dapat dilaksanakan setiap tahunnya sehingga bermanfaat bagi warga masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Aswin Kosotali mengatakan kegiatan GDF ini sebagai upaya untuk mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang efisien dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Dalam Galuh Digital Festival 2023 ini terdapat berbagai kegiatan yang dapat memberikan pengalaman bagi masyarakat dalam menggunakan tehnologi digital secara langsung seperti berbelanja di pameran ekonomi kreatif dan pasar murah dengan menggunakan kanal pembayaran QRIS,” jelasnya.

Bersamaan dengan kegiatan ini juga diselenggarakan kegiatan Kick Off Gancang (gerakan percepatan digitasi terintegrasi Priangan Timur) dan launching QRIS Dinamis untuk pembayaran PBB dan BPHTB.

Serta program Galuh Go Digital yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah yang transparansi dan akuntabel untuk pembayaran pajak daerah secara digital.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :