Kabupaten Ciamis, – Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha bersama warganya di Mesjid Agung Kabupaten Ciamis pada Kamis, 29/06/23.

Bupati Herdiat mengajak kepala seluruh masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis agar menjadikan momentum Idul Adha ini sebagai edukasi untuk membangun kepribadian dan kepedulian sosial terhadap sesama.

Disampaikannya, sikap pasrah dan ikhlas yang tertanam pada Nabi Ibrahim Alaihissalam dan putranya Nabi Ismail Alaihissalam untuk berkurban dan berbakti kepada Allah SWT, patut menjadi teladan bagi kita semua.

“Ibadah qurban merupakan wasilah cara atau jalan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT. Sedangkan penyembelihan hewan kurban merupakan tindakan simbolis bagaimana kita harus menundukkan dan menguasai serta mengendalikan segala sifat yang buruk pada diri kita”, Jelasnya.

Dilanjut Bupati, kemampuan dan keberanian mengendalikan hawa nafsu merupakan bagian dari cermin sikap pengorbanan di mana kita berani bersikap mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Hal ini bagian dari hikmah Idul Adha.

Ajak Bupati, dengan terjalinnya keharmonisan dan kokohnya Amaliah beragama dengan menghadirkan semangat berkurban akan membangun norma dan nilai yang luhur yaitu sikap tolong-menolong gotong royong dan kepedulian.

Selain itu kata Bupati, Ibadah qurban bersamaan dengan ibadah haji diharapkan dapat menopang kesenjangan sosial hidup berdampingan dengan penuh ketenangan. Sehingga tertanam kasih sayang dalam suatu ikatan kekeluargaan dan persaudaraan yang semakin erat sebagaimana tergambar dalam kesetaraan saudara-saudara kita jemaah haji saat wukuf di Arafah. Katanya.

“Kita berharap perayaan Idul Adha atau Idul Qurban tahun ini menjadi anugerah yang dipenuhi dengan keberkahan seraya tetap bertawakal dan bersabar menghadapi segala ujian dan cobaan. Semoga kita semua memperoleh kemudahan dalam mengisi hari-hari mendatang disertai penuh optimisme dan kekuatan lahir dan batin.” Harapnya

“Atas nama pemerintah daerah dan atas nama pribadi serta keluarga mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah/2023 Masehi. Semoga saudara-saudara kita jamaah haji tetap sehat, kuat dan mabrur/mabruroh.” Tandasnya.

Share This :