Kabupaten Ciamis,- Dalam rangka hari pangan sedunia, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Ciamis menggelar Gelar Pangan Murah (GPM) serentak, praktek pengolahan cabe dan bawang, dan demo masak gastronomi yang dilaksanakan di Halaman Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Samsat Kabupaten Ciamis. Senin, 16/10/2023.

Terlibat pada acara tersebut, Pimpinan Perum Bulog Ciamis, Disnakan Kab. Ciamis, DKUKMP Kab. Ciamis, pengelola STA Panumbangan, pengelola RPA Jabal Nur Cihaurbeuti

Diketahui kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari surat Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Nomor 1007/TS.02.02/B/10/2023 tanggal 9 Oktober 2023 hal Gerakan Pangan Murah serentak dalam rangka hari pangan sedunia.

Bahwa dalam rangka Hari Pangan Sedunia tahun 2023 untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan. Pada GPM ini, masyarakat dapat berbelanja kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur.

Beras dengan berbagai merk dan tipe dijual mulai harga Rp 10.800. Minyak goreng dijual seharga Rp 14.500 per liter, telur seharga Rp 24.000/kg dan aneka sayuran serba Rp. 5.000 per pack. Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak tahun 2023 ini dibuka secara online oleh Kepala Badan Pangan Nasional di seluruh Indonesia.

Penjabat Bupati Ciamis melalui Asda II Kab. Ciamis Hendra Suhendra menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan dan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Ciamis terhadap program nasional yang bertujuan untuk mengendalikan harga komoditas pangan.

Dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program ini sebaik mungkin, sekaligus mengimbau agar masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak menimbun bahan pangan.

”Tidak perlu khawatir mengenai stok beras, mengingat Kabupaten Ciamis adalah salah satu daerah penghasil beras terbesar di Provinsi Jawa Barat”, jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Slamet Budi Wibowo, menjelaskan bahwa dengan diluncurkan secara nasional, kegiatan ini juga diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Ia juga memastikan stok pangan di Kabupaten Ciamis, baik di Bulog maupun lumbung pangan masyarakat dikabarkan masih aman. Singkatnya.

Share This :