JAKARTA (24 Oktober 2023)
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berhasil meraih piagam apresiasi Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Senayan Jakarta.

Penghargaan ini merupakan penghargaan ke-6 Bupati Herdiat di bulan Oktober ini, setelah sebelumnya meraih 5 penghargaan di tingkat nasional.

Piagam ini merupakan piagam penghargaan kepada kepala dearah atas upaya penguatan aksi pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak menuju terwujudnya pembangunan rendah emisi gas rumah kaca dan berketahanan iklim.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim mengambil tema “Bergerak Bersama Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca” dalam penganugerahan ini.

Bupati Ciamis Herdiat mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas raihan penghargaan Proklim yang diterima oleh Pemkab Ciamis di tahun ini.

Menurutnya, keberhasilan untuk meraih penghargaan Proklim ini, tidak terlepas dari peran aktif dari OPD atau stakeholder terkait utamanya Dinas PRKPLH Ciamis, serta seluruh masyarakat yang telah melakukan upaya-upaya pengendalian iklim dalam menciptakan kegiatan mitigasi dan adaptasi.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak atas pencapaian ini. Semoga tetap bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan pada tahun-tahun selanjutnya,” harapnya.

Bupati Herdiat juga menyampaikan bahwa penghargaan ini bukanlah tujuan utama, yang lebih penting adalah implementasinya. Meski demikian, dia berharap penghargaan Proklim tersebut bisa menjadi momentum serta memotivasi masyarakat atau desa dalam upaya pencegahan pemanasan global dan emisi gas rumah kaca.

Untuk diketahui, ini adalah kali kedua Herdiat Sunarya Bupati Ciamis menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Pembina Proklim. Dimana sebelumnya penghargaan tersebut diraih pada tahun 2020.

Selain Penghargaan Proklim untuk Bupati Herdiat juga diserahkan penghargaan kepada 2 desa di Kabupaten Ciamis yaitu pada Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing dan Dusun Sukamaju Desa Cileungsir Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.

Share This :