Kabupaten Ciamis,- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menunjukkan langkah proaktif dalam menjaga keselamatan masyarakat dengan mengikuti Apel Siaga untuk Mitigasi Bencana Alam.

Acara ini dilaksanakan di Halaman Makodim 0613 Ciamis, Jum’at (08/12) sebagai bentuk kesiapsiagaan dan peningkatan kapasitas dalam menghadapi potensi bencana alam di wilayahnya.

Apel Siaga tersebut juga dilaksankan secara virtual atau Zoom meeting serentak di seluruh Jawa Barat dan diikuti oleh para Kepala darah, TNI, Polri serta pihak – pihak terkait lainnya.

Bupati Herdiat menyampaikan pentingnya keterlibatan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, dalam upaya pencegahan, mitigasi, dan respons terhadap bencana alam.

“Sebenarnya kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana sudah jauh-jauh hari ketika kita menghadapi musim kemarau yang cukup panjang kemudian ketika memasuki musim hujan kita sudah waspada,” ucap Bupati.

Terlebih Kabupaten Ciamis termasuk salah satu daerah rawan bencana baik tanah longsor, pergerakan tanah, jalan amblas serta bencana alam lainnya.

“Kita menyadari bahwa di Ciamis ini termasuk daerah yang rawan bencana, beberapa daerah sudah terjadi bencana, ada yang tanah longsor, jalan amblas, bahkan sudah ada dua orang korban meninggal di Kabupaten Ciamis tepatnya d Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti,” jelasnya.

Ia menerangkan untuk di Kabupaten Ciamis sendiri ada beberapa kecamatan yang memang rawan bencana salah satunya di kecamatan tambaksari dengan pergerakkan tanah, begitu juga panawangan, Kawali kemudian sebelah barat Cihaurbeuti, Panumbangan, Sukamantri dan sebelah selatan Banjaranyar dan Pamarican.

“Alat berat sudah kita siapkan, termasuk dari sisi anggaranpun kita sudah menyiapkan,” Ujarnya.

Dengan mengikuti Apel Siaga ini, Bupati Ciamis berharap dapat memastikan bahwa seluruh komponen di tingkat pemerintahan dan masyarakat siap menghadapi potensi bencana alam. Langkah proaktif ini menjadi investasi berharga dalam keselamatan dan kesejahteraan bersama di Kabupaten Ciamis.

Share This :