Kabupaten Ciamis,- Dalam peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat provinsi Jawa Barat yang digelar di Gedung Convention Hall Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Rabu (20/12), Kabupaten Ciamis berhasil meraih penghargaan juara harapan 3 pada Lomba Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) kategori Kabupaten tingkat provinsi Jawa Barat.

Acara yang juga menjadi panggung wisuda bagi para peserta sekolah perempuan “Capai Impian dan Cita-Cita Tahun 2023” ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, yang turut menyoroti peran strategis perempuan dalam pembangunan daerah.

Sejumlah tokoh penting, termasuk petinggi pejabat kota/kabupaten se-Jabar, turut memeriahkan acara ini, diwarnai dengan kehadiran wanita bertoga serba hitam, menyerupai suasana wisuda, sebagai perwakilan dari berbagai sektor di Jawa Barat.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, bersama Ketua PKK Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat, ikut memeriahkan acara ini. Suasana semarak terpancar dari kehadiran wanita hebat se-Jawa Barat yang mengenakan toga layaknya peserta wisuda.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Bey Machmudin menekankan peran penting perempuan dalam kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. “Perempuan memiliki peran strategis dalam membangun daerah,” ujarnya.

Peringatan Hari Ibu di UMC Cirebon bukan sekadar ritual formal, melainkan juga momentum untuk merayakan keberagaman dan kekuatan perempuan.

Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat, dr. Siska Gerfianti, MH Kes mengatakan maksud kegiatan ini yaitu untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan di Jawa Barat. Adapun tujuannya untuk penguat dan apresiasi perjuangan perempuan dalam meningkatkan kesetaraan gender melalui peringatan hari Ibu.

Ia melaporkan, tahun ini wisuda sekolah perempuan gapai impian dan cita-cita berjumlah 54.070 wisudawati se-Jawa Barat. Selain itu akan diserahkan berbagai penghargaan salah satunya penghargaan 12 Kabupaten Kota terbaik dalam P2WKSS Gender Champions.

“Acara ini memberikan dorongan semangat bagi perempuan Jabar untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan daerah,” pungkasnya.

Share This :