Kabupaten Ciamis, 19 Januari 2024

Bertempat di Aula Adipati Angganaya-Bappeda Kab. Ciamis, agenda Sosialisasi E-Walidata dan E-Database di Pemerintahan Kabupaten Ciamis ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 600.3.4/11781/Bangda Tanggal 13 November 2023 perihal penginputan modul E-Walidata dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah
(SIPD).

Pertemuan tersebut secara teknis membahas kaitan dengan alur tahapan perencanaan penyelenggaraan eWalidata Statistik Sektoral Daerah (SSD) dengan daftar SSD meliputi data SSD induk, data SSD pilihan atau prioritas, dan data SSD penugasan.

Hal tersebut dikupas secara mendalam oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Tigin Ary Ginanjar, Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo Kab. Ciamis, Asep Syahban dan Analis Statistik Asep Andri Fauzi, dari Bidang Statistik Diskominfo Ciamis.

Membuka kegiatan tersebut, Kepala Bidang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Tigin Ari Ginanjar mengatakan, kegiatan sosialisasi E-Walidata bertujuan untuk menyusun pembangunan daerah dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan Data yang disampaikan oleh Produsen Data, serta menyebarluaskan Data. Jelasnya

“Terimakasih kepada Bapak Ibu yang hadir pada siang kali ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar sampai akhir”  ungkapnya.

Tigin Ari Ginanjar, menegaskan untuk pengelola data, sajikan data yang sesuai dalam mengelola data yang nantinya diperlukan untuk proses pembangunan Kabupaten Ciamis. Singkatnya

Kabid Statistik Diskominfo Ciamis, Asep Syahban menjelaskan, E-Walidata merupakan platform canggih yang memfasilitasi pengumpulan, pengelolaan, dan analisis data secara digital. Hal ini memungkinkan Pemerintahan Kabupaten Ciamis untuk memiliki akses lebih cepat dan akurat terhadap informasi yang diperlukan.

Ya, ini akan menentukan bagaimana E-Walidata akan menjadi landasan bagi pengambilan keputusan yang lebih baik. Imbuh Asep

Tak hanya itu, sosialisasi ini juga menyoroti keunggulan E-Database yang menjadi tulang punggung administrasi modern. Dengan adopsi teknologi ini, proses pencarian data, pengarsipan, dan pembaruan informasi dapat dilakukan dengan lebih efisien, mengurangi potensi kesalahan manusia dan mempercepat kinerja birokrasi.

Asep Syahban menekankan pentingnya keterlibatan seluruh bagian dalam pemerintahan untuk merangkul teknologi ini.

Ia menyebutkan bahwa “E-Walidata dan E-Database adalah langkah revolusioner menuju pemerintahan yang modern dan efisien.Dengan bersatu, kita dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.”

“Alhamdulillah tahun 2023 kemarin secara nasional sudah meraih penghargaan Anugerah Anindhita Wistara Data Tahun 2023 sebagai satuan kerja dengan nilai indeks pembangunan statistik berpredikat baik, sudah barang tentu itu semua dapat terwujud berkat kerjasama seluruh SKPD di Kabupaten Ciamis dimana secara nasional masuk dalam 10 besar dan ke-4 di tingkat Provinsi Jawa Barat.” Katanya

Acara dilanjutkan dengan simulasi teknis yang dibeberkan sekaligus oleh Analis Statistik Asep Andri Fauzi, dari Bidang Statistik Diskominfo Ciamis.

Pada kesempatan tersebut para peserta sosialisasi diajak untuk terus berpartisipasi aktif. Beberapa workshop praktis diselenggarakan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang implementasi E-Walidata dan E-Database dalam rutinitas sehari-hari pemerintahan.

Semakin meningkatnya kompleksitas tugas administratif, langkah ini diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dan berkelanjutan. Pemerintahan Kabupaten Ciamis dengan langkah progresifnya menunjukkan komitmen terhadap modernisasi administrasi dan pelayanan publik. Sosialisasi ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang transformasi positif dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat Kabupaten Ciamis.

Share This :