KABUPATEN CIAMIS,- Masih maraknya kejadian pungutuan liar (pungli) sektor perparkiran setelah diluncurkannya inovasi parkir berlangganan yang dimulai pada bulan januari 2023 lalu, Pemda Kab. Ciamis melalui Dishub Ciamis lakukan evaluasi sekaligus sebagai strategi menaikan angka Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis H. Andang Firman Triyadi, pada rapat pembahasan pengelolaan perparkiran di Ruang Meeting Dishub Ciamis, pada Selasa (21/05/24).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Dadang Mulyatna, menyampaikan pada saat ini masih terdapat permasalahan yang masih sering terjadi setelah diberlakukan parkir berlangganan yang dimulai sejak Januari tahun 2023.

“Setelah diberlakukannya parkir berlangganan, masih banyak pengguna jalan yang membayar ke juru parkir tapi tidak di beri karcis,” ujarnya

Untuk mengatasi permasalahan perihal pungli yang semakin banyak, Dishub Kabupaten Ciamis memberikan solusi inovatif terkait pengelolaan parkir yang lebih efisien dan modern serta sekaligus dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah.

Mengenai perihal tersebut, Dishub Ciamis tengah menyiapkan dua rencana inovasi baru dalam pembayaran parkir berlangganan di Kabupaten Ciamis, yaitu pertama membayar parkir dengan Aplikasi Qris dan kedua bisa dibuatkan plang di setiap tempat perbelanjaan seperti pasar, mall dan lainnya.

“Beberapa manfaat yang dapat dirasakan masyarakat yaitu parkir jadi lebih lancar dan efisien, mengurangi waktu mencari tempat parkir, menghemat waktu dan bahan bakar, serta kemudahan dalam pembayaran dan reservasi melalui aplikasi mobile,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Asisten Daerah Kabupaten Ciamis Hendra Suhendra menyampaikan sebelum melaksanakan dua inovasi baru, perlunya mempertimbangkan beberapa aspek seperti sarana prasaran, keefektifitasan untuk jangka panjang, dan perlu adanya tata kelola.

“Jangan sampai kita gegabah dalam mengambil keputusan untuk melaksanakan inovasi-inovasi tanpa mempertimbangkan aspek-aspek yang diperlukan untuk mencapai suatu keinginan. Dengan adanya inovasi baru diharapkan dapat meraih keberhasilan dan permasalahan yang sering terjadi dapat terselesaikan,” ujarnya

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis  H. Andang Firman Triyadi mengusulkan terkait persiapan yang perlu dilakukan oleh Dishub Ciamis sebelum melaksanakan inovasi baru untuk parkir berlangganan.

“Pertama lakukan pemetaan daerah-daerah mana saja yang akan dijadikan tempat parkir belangganan, kemudian cara pembayaran yang dapat dicoba menggunakan TapCash sebagai pengganti uang.” Singkatnya

Share This :