CIAMIS, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis secara resmi meluncurkan maskot dan Jingle untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Dalam acara peluncuran tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyampaikan harapannya agar kehadiran maskot ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi khususnya di Kabupaten Ciamis.

Acara peluncuran maskot dan jingle pilkada tersebut digelar secara meriah di Alun- alun Ciamis, Sabtu (01/06) malam, menandai bahwa tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Ciamis sudah di mulai.

Maskot dan jingle pemilihan dimaksud diharapkan dapat membersamai atau menyemangati pelaksanaan tahapan, termasuk untuk mendukung kegiatan sosialisasi dalam penyelenggaraan pemilihan serentak nasional tahun 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Ciamis berharap kehadiran maskot ini bukan hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai pengingat akan pentingnya peran aktif masyarakat dalam proses demokrasi.

“Momentum ini menentukan arah suksesnya Pilkada di Kabupaten Ciamis untuk itu sosialisasikan kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai,” Ucapnya.

Pj Bupati Ciamis menjelaskan bahwa terdapat tiga indikator keberhasilan pelaksanaan Pilkada serentak yaitu partisipasi masyarakat yang tinggi, panitia penyelenggara yang adil serta minimnya pengaduan.

“Sosialisasi adalah kunci keberhasilan Pilkada tahun ini pemilu yang berkualitas ditandai dengan tingginya semangat masyarakat untuk sama-sama pergi ke TPS menyalurkan hak pilihnya,” ujar Pj Bupati.

“Selanjutnya, Beliau juga berharap agar para penyelenggara dapat selalu taat pada asas pemilu. Keberhasilan pemilihan ini tidak tertumpu pada KPU dan Bawaslu saja tetapi juga pemerintah dan Stakeholder,” Jelasnya.

Terakhir Ia berpesan kepada seluruh penyelenggara pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 untuk selalu kompak, solid, menjunjung tinggi integritas, menguatkan mental dan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas, sehingga pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Ciamis pejalan aman lancar dan sukses tanpa akses.

Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani mengatakan kesuksesan penyelenggaraan pemilu beberapa waktu lalu menjadi tolak ukur bagi semua pihak, sehingga pelaksanaan Pilkada juga dapat mengikuti jejak tersebut, sukses dalam menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Ciamis.

“Dalam pelaksanaan Pilkada ini, kami berharap dapat mencapai kesuksesan sebagaimana pada pemilu sebelumnya, dengan tujuan menghasilkan pemimpin yang tangguh dan unggul sesuai dengan karakteristik unggul yang dimiliki oleh Ciamis,” ucapnya.

Selanjutnya Oong menuturkan pelaksanaan acara peluncuran maskot sengaja dilakukan di ruang terbuka, sebagai simbol bahwa seluruh masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses suksesi Pilkada di Kabupaten Ciamis.

“Keputusan ini diambil dengan harapan agar semua lapisan masyarakat dapat menyaksikan secara langsung peluncuran maskot, dan dengan demikian, menyadari akan pentingnya peristiwa Pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 di Ciamis,” tandasnya.

Adapun maskot yang diluncurkan KPU untuk Pilkada tahu ini yaitu CITAL dan CITUL, maskot yang mengambil rupa dengan konsep dasar dari sepasang macan tutul Jawa. Adapun jingle pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 yaitu berjudul SUARA KITA.

Diharapkan, dengan kehadiran maskot ini, Pilkada 2024 di Kabupaten Ciamis akan menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersatu dalam menjaga dan mengawal proses demokrasi, serta memilih pemimpin yang terbaik bagi kemajuan daerah.

Share This :