KABUPATEN CIAMIS, – Kabupaten Ciamis kembali menorehkan prestasi gemilang dalam upaya pelayanan terhadap lansia dengan meraih penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kabupaten Ciamis terpilih sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki komitmen pada kesejahteraan lansia.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Barat dalam acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024, yang digelar di Halaman Depan Gedung Sate pada Rabu (19/06/2024).

Selain itu penghargaan juga diterima oleh kepala Posyandu Melati Kabupaten Ciamis, sebagai Posyandu ramah lansia tingkat Provinsi Jawa Barat.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, menerima penghargaan ini atas dedikasi Kabupaten Ciamis dalam menciptakan lingkungan yang ramah dan mendukung bagi para lansia.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini. Ini adalah hasil dari kerja keras semua pihak dan komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas hidup lansia di Kabupaten Ciamis,” ujar Engkus Sutisna.

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada daerah-daerah yang berhasil dalam menerapkan kebijakan dan program untuk kesejahteraan lansia.

Kabupaten Ciamis dinilai berhasil meraih penghargaan ini berkat berbagai inisiatif pemerintah daerah dalam memberikan perhatian dan pelayanan terbaik kepada para lansia.

Penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi Kabupaten Ciamis untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan serta hak-hak lansia.

“Kami berkomitmen untuk tidak berhenti di sini, melainkan terus meningkatkan layanan dan fasilitas yang dapat memperbaiki kualitas hidup para lansia di Kabupaten Ciamis,” tambah Engkus Sutisna.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin dalam sambutannya menyampaikan melalui tema “Nu Anom Rumawat Nu Sepuh Harebat” para generasi muda diingatkan untuk lebih merawat dan merawat para lansia.

Bey menjelaskan berdasarkan data yang ada, saat ini tercatat sebanyak kurang lebih 5,7 juta lansia yang menanggung 11,1 Juta generasi milenial dan generasi Z.

“Artinya disaat para lansia ini mulai menikmati hidup mereka, tapi kenyataanya masih harus menjadi tulang punggung bagi keluarganya,” ujar Bey.

Ia mengajak kepada generasi muda untuk lebih bertanggung jawab untuk merawat dan menghormati para lansia. “Merawat berarti memberikan perhatian kasih sayang kepada para lansia sedangkan menghormati berarti menghargai jasa pengalaman para lansia,” jelasnya.

Dengan meraih penghargaan ini, Kabupaten Ciamis diharapkan dapat menginspirasi daerah lain untuk lebih peduli dan memberikan perhatian yang lebih dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi semua lapisan masyarakat, termasuk lansia.

Share This :