BNNK Ciamis mengggelar Case Conference Tim Asesmen Terpadu (TAT) terkait kasus Tindak Pidana Penyalahgunaan dan/atau peredaran gelap narkoba oleh tersangka berinisial (N). Bertempat di Ruang Rapat Kantor BNNK Ciamis jalan Mr. Iwa Kusumasumantri Blok 12 Kertasari. Selasa (14/12/2021)

CIAMIS. BNNK Ciamis gelar Case Conference Tim Asesmen Terpadu (TAT) terkait kasus Tindak Pidana Penyalahgunaan dan/atau peredaran gelap narkoba oleh tersangka berinisial (N). Bertempat di Ruang Rapat Kantor BNNK Ciamis jalan Mr. Iwa Kusumasumantri Blok 12 Kertasari. Selasa (14/12/2021).
TAT sendiri terdiri dari 2 (dua) Tim yaitu Tim Hukum dan Tim Medis. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BNNK Ciamis selaku Ketua Tim Asesmen Terpadu (TAT), Penyidik BNNK Ciamis, Kejaksaan Negeri Banjar, Satnarkoba Polres Banjar, Dokter anggota Tim Kesehatan, Konselor BNNK Ciamis.
Menurut Kepala BNNK Ciamis sekaligus selaku Ketua Tim Asesmen Terpadu (TAT), Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., menjelaskan tujuan dari digelarnya Case Conference TAT ini untuk mengetahui seberapa dalam peranan si tersangka/ terperiksa dalam perkara penyalahgunaan dan/atau peredaran gelap narkoba, agar bisa ditentukan, apakah tersangka ini penyalah guna murni ataukah pengedar bahkan bandar.
“Dengan dilakukannya Asesmen oleh Tim Asesmen Terpadu (TAT) maka akan memberikan gambaran secara utuh bahwa seorang terperiksa adalah seorang penyalahguna narkoba/pecandu atau pengedar. Apabila sebagai penyalahguna atau pecandu, maka yang bersangkutan harus dilakukan upaya rehabilitasi disamping yang bersangkutan tetap harus menjalani proses Hukum”, jelas Engkos
“Jadi nanti yang menentukan apakah terperiksa adalah seorang penyalahguna Narkoba atau malah seorang pengedar Narkoba, dari hasil asesmen tim medis dan tim hukum, yang kemudian dituangkan dalam bentuk Rekomendasi Tim Asesmen Terpadu (TAT)”, tambah Engkos.
“Kata kuncinya adalah, bahwa pelaksanaan asesmen terpadu itu sendiri tidak mempengaruhi proses hukum atau penyidikan, tetapi sebagai rekomendasi yang mendasari penyidik untuk menerapkan pasal” Pungkas Engkos.

Diskominfo Ciamis
Sumber BNNK Ciamis

Share This :