Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Kadisnakan Ciamis, Syarief Nurhidayat menebar benih ikan nila pada acara Launching Kampung Nila Kawalu di Dusun Banjarwaru Desa Kawali, Sabtu, 18/12/2021.

Ciamis, Sebagai ajang untuk menampilkan kreativitas wirausaha pembudidaya ikan Kabupaten Ciamis dan mendorong brand image Ikan Ciamis yang mempunyai keunggulan khas spesifik lokasi, serta memfasilitasi pembudidaya ikan Ciamis untuk menampilkan produk unggulan dari seluruh desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis, Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) menggelar EXPO PPC Tahun 2021 di Halaman Kantor Kecamatan Kawali, Sabtu, 18/12/2021.

Acara yang bertemakan unjuk kerja pembudidaya ikan Ciamis dalam mendukung pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19 , dibuka langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Ketua Panitia EXPO, Hendar melaporkan perkumpulan Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) pada akhir Tahun 2021 melaksanakan Expo PPC 2021 sebagai bentuk unjuk kerja karya nyata dalam mendukung pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ciamis mengukuhkan Pengurus PPC Periode 2020-2024, serta Penyerahan Simbolis Sertifikat Hak Atas Tanah bagi Pembudidaya Ikan sebanyak 500 sertifikat Penyerahan Simbolis Nomor Induk Berusaha sebanyak 60 NIB kepada perwakilan Pokdakan dan Pengolah dan pemasaran ikan;

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi pada PPC Kabupaten Ciamis yang dikukuhkan tentu dengan dikukuhkannya PPC Kabupaten Ciamis disertai dengan harapan-harapan agar perikanan di Kabupaten Ciamis ini lebih baik lebih maju dan bisa lebih mandiri.” Ujarnya.

“Bapak-ibu terutama kepada bapak ibu yang baru dilantik dengan dilantiknya bapak ibu semua bisa dijadikan motivasi penyemangat untuk bekerja lebih keras lagi”. Imbuhnya.

Bupati Ciamis meminta kepada semua undangan yang hadir untuk fokus dalam pengembangan ikan sehingga hasilnya lebih baik dan lebih sejahtera. Menurut beliau Kabupaten Ciamis dianugrahi alam yang luar biasa oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dengan airnya yang cukup bagus dan berkualitas serta luas wilayah yang sangat mendukung untuk pelaksanaan perikanan.

Bupati Herdiat meminta masyarakat untuk memanfaatkan kolam kolam yang ada. Tercatat ada 4000 lebih di Kabupaten Ciamis. Sehingga jika itu bisa dimanfaatkan untuk ikan konsumsi di Kabupaten Ciamis tidak akan mendatangkan dari luar daerah.

Selanjutnya Bupati Ciamis menuju ke Kampung Nila yang beralamat di Dusun Banjarwaru, RT 01/ RW 08 Desa Kawali Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Pada kesempatan tersebut, Bupati Ciamis melaunching Kampung Nila Kawali dan Pasar Ikan PPC.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meninjau stand makanan olahan berbahan dasar ikan pada acara EXPO PPC Tahun 2021 yang digagas oleh Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) di Halaman Kantor Kecamatan Kawali, Sabtu, 18/12/2021.

Di Kampung Nila Kawali, Bupati Ciamis didampingi Kadisnakan melakukan temu wicara serta diskusi panel menuju perikanan Ciamis yang maju dan mandiri. Salah satunya dengan strategi Gedor Waruga.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan, BRSDMKP, Kepala Pusat Riset Perikanan, Direktur Produksi dan Usaha Budiya Ditjen Perikanan Budidaya, Kepala Balai Riset Pemulian Ikan Sukamandi, Kepala Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Bogor, Direktur BLU LPMU KP, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Para Kepala dinas dan badan terkait di Kabupaten Ciamis, Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Ciamis, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Anggota DRPD Kabupaten Ciamis Dapil III Ciamis, Camat Kawali Bapak, Unsur Forkopimcam Kawali, Kepala Desa se-Kecamatan Kawali, Para Tokoh Masyarakat, Koordinator Penyuluh Perikanan dan Penyuluh Perikanan PNS, PPB dan Penyuluh Perikanan Swadaya Kabupaten Ciamis, Pelaku Utama/Pembudidaya Ikan, Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan Kabupaten Ciamis serta Undangan lainnya.,

Diskominfo Ciamis / Eka

Share This :