Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memberikan sambutan pada acara penbinaan kelembagaan dan manajemen sekolah di Aula SMPN 1 Cijeungjing, Senin, 27/12/2021.

Ciamis – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan pembinaan kelembagaan dan manajemen sekolah di Aula SMPN 1 Cijeungjing, Ciamis, Senin (27/12/2021).

Acara diikuti oleh 191 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah SD dan Koordinator Pendidikan se-Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengingatkan kepada para Kepala Sekolah, agar dalam melaksanakan pendidikan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Saya ingatkan agar dalam menyelenggarakan pendidikan harus tetap waspada menerapkan prokes, ” katanya.

Melalui pembinaan kelembagaan dan manajemen sekolah, Herdiat menginginkan sekolah bisa mandiri membangun demokrasi pendidikan.

Selain itu, ia mengharapkan sekolah bisa mengajak partisipasi masyarakat dan orang tua murid dalam rangka mendukung sekolah perencanaan kegiatan, kontrol dan bantuan teknis.

“Intinya bagaimana memanage sekolah dimana peran serta masyarakat bisa dilibatkan. Gotong royong mesti dilakukan, namun harus hati hati. Karena kalau dilaksanakan tidak dengan hati-hati malah kita yang repot, ” ujarnya.

Herdiat mengungkapkan, kondisi SDM bidang pendidikan di kabupaten Ciamis sangat kurang sekali.

Sedangkan, lembaga pendidikan dituntut untuk memberikan mutu dan kualitas pendidikan harus bagus.

“Terbatasnya SDM guru di Ciamis jangan jadi alasan untuk jadi tidak berkembang. Namun harus tetap berusaha agar bisa memanage dengan SDM terbatas namun tidak mengurangi kualitas dan mutu pendidikan, ” imbuhnya.

“Kita dituntut untuk membuat anak didik betul-betul kualitas dan terciptanya generasi emas. Kita tidak boleh ketinggalan oleh daerah lain,” tambahnya.

Melalui pembinaan yang dilakukan Dinas Pendidikan Ciamis, diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia baik kepala sekolah maupun guru mengajar.

Berbagai cara peningkatan SDM dapat dilakukan, diantaranya dengan kegiatan melalui bimtek seminar.

“Kita harus semangat, dengan semangat dan motivasi yang luar biasa, tidak ada hal yang tidak mungkin. Kita bekerja sama bahu membahu dan masyarakat mesti dilibatkan, ” terangnya.

Capaian Vaksinasi Covid-19 Ciamis Masuk Syarat Kategori Level 1

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ciamis mengumumkan capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis yang mencapai 70,17 persen.

Capaian kinerja vaksinasi ini menjadi salah satu syarat sebuah daerah untuk turun ke level 1 PPKM.

“Terimakasih tenaga vaksinator Polri, TNI dan para tenaga medis, sampai malam kemarin target kita telah tercapai 70,17 persen. Insya Allah dalam minggu ini Ciamis akan berada di level 1,” ungkapnya.

Herdiat memaparkan, bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk anak sudah mulai dilaksanakan.

Ia menghimbau para kepala sekolah agar melakukan pendekatan yang baik terhadap peserta didik dan orang tua perihal vaksinasi.

“Harus pandai merayu anak untuk melaksanakan vaksinasi. Jangan sampai ada hal viral karena pemaksaan vaksinasi. Beri pengertian dulu kepada si anak dan orangtuanya, ” titipnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat menjelaskan, pelaksanaan pembinaan dilakukan untuk peningkatan kompetensi manajerial kepala sekolah tingkat kabupaten Ciamis.

“Acara ini dimaksudkan untuk melaksanakan review terhadap tugas pokok fungsi kepala sekolah, dan meningkatkan kompetensi kepsek yakni kompetensi manajerial. Kita akan mereview kegiatan kepala sekolah di masa pandemi 2 tahun lalu,” Jelasnya.

Asep mengharapkan kepsek bisa terus meningkatkan inovasinya dan pengembangan sekolah.

“Kepala sekolah harus memiliki inovasi untuk kemajuan satuan pendidikan yang ia bawahi. Tentunya untuk menciptakan generasi yang cerdas, pintar dan terampil, ” tutupnya.


DISKOMINFO CIAMIS
Sumber Prokopim

Share This :