Kabupaten Ciamis,- Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Ciamis H. Tatang dalam sambutannya pada acara peringatan Maulid Nabi di Dusun Ciawitali Kecamatan Purwadadi. 24/10/22.

Selain memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, secara resmi Sekda H. Tatang juga sekaligus meresmikan Masjid Besar Baitul Maghfiroh Purwadadi.

Dihadapan para jemaah, H. Tatang mengatakan sebagaimana diketahui bersama, kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan anugerah yang besar dan berita gembira, dimana kehadirannya membawa begitu banyak pembaharuan paradigma dan budaya.

Mengajak masyarakat yang hadir, Sekda mengingatkan kembali bahwa tepat rasanya jika kita berupaya untuk senantiasa meneladani Nabi Muhammad SAW dalam setiap aspek kehidupan.

Menurutnya, masuknya era globalisasi dan modernisasi yang membawa pembaharuan pada berbagai aspek kehidupan, secara bersamaan juga membawa ekses negatif seperti degradasi moral, penyalahgunaan narkoba, lunturnya persatuan dan kesatuan, masuknya ideologi yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa dan sebagainya.

Maka dari itu, Sekda menekankan betapa pentingnya memegang prinsip-prinsip dan ajaran keagamaan sebagai cahaya yang menghindarkan manusia dari kehilangan arah, serta sebagai pegangan prinsip dari arus zaman. Jelasnya

“Oleh karena itu, mengingat dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tidak boleh hanya serta-merta dimaknai sebagai rutinitas tahunan saja, melainkan harus kita maknai bersama sebagai pembaharuan semangat meneladani perangai mulia Rasulullah”. Ujarnya

Dilanjut Sekda, perjuangan dakwah Rasulullah dengan para sahabat pada waktu itu dimulai dari masjid dengan bermusyawarah menyusun kekuatan untuk tersebarnya Risalah Islam.

“Oleh karena itu peran dan fungsi masjid memiliki kontribusi besar dalam mensyi’arkan Islam”.

“Untuk itu, mari kita makmurkan dan ramaikan masjid dengan kegiatan ibadah mahdhah dan ghair mahdhah sebagai implementasi rasa syukur kit kepada Allah SWT”. Ajaknya

Terakhir, dengan hadirnya masjid besar Bitul Maghfiroh ini, sekda berharap semoga ini bisa memberi inspirasi dan manfaat yang besar khusus bagi jama’ah Desa Purwadadi dan umumnya bagi masyarkat semua. Pungkasnya

Share This :