CIAMIS, – Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Ciamis Dr H Tatang MPd menghadiri acara peresmian Gedung Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok pada Selasa (15/08/2023) malam.

Acara peresmian tersebut sekaligus juga dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1445 Hijriyah dan dalam rangka menyambut kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Dalam momentum tersebut Sekda mengajak masyarakat untuk membangun semangat kebersamaan, semangat kepedulian dan semangat maju bersama untuk mewujudkan Ciamis agamis dan sejahtera untuk semua.

“Kita maknai tahun baru Hijriyah ini sebagai spirit dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara menuju masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

Sekda menuturkan bahwa tahun baru islam harus memberi dampak positif bagi umat islam. Pergantian tahun baru islam bisa menjadi momentum untuk memperbaharui kepribadian dari yang kurang baik menjadi baik dan terus menjadi lebih baik.

Menurutnya perjalanan dan perjuangan yang tak kenal lelah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat dan kaum muslimin ketika berhijrah bukan tanpa alasan, namun karena memperoleh wahyu dan juga sebuah respon untuk menanggapi masyarakat Arab yang tidak terlalu berkenan dengan ajaran Islam.

“Dengan hijrahnya Nabi Muhammad tersebut pada jalannya dapat membangun tekanan masyarakat yang berkeadilan dan peradaban serta menunjukkan dirinya dan menjadi masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi yang termaktub dalam Piagam Madinah,” terangnya.

“Peristiwa besar ini menjadi sejarah dan pelajaran penting yang mesti direnungkan oleh umat Islam untuk menata kembali peradaban Islam, ” tambahnya.

Selanjutnya, Ia juga mengungkapkan hadirnya pemerintah di tingkat Desa maupun Kelurahan memiliki peran penting dan strategis dalam membangun sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Sehingga Desa mesti ditunjang oleh sarana yang memadai untuk kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan sumber daya manusia serta sarana koordinasi dan konsolidasi aparatur bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat.

“Momentum tahun baru Islam dan tasyakuran gedung aula desa ini harus menjadi penyemangat bagi masyarakat desa Baregbeg untuk lebih giat dalam meningkatkan peran serta masyarakat untuk mewujudkan sumber daya yang unggul yang dipenuhi dengan keberkahan dan Rahmat Allah,” pungkasnya.

PROKOPIM CIAMIS

Share This :