Kabupaten Ciamis, — Mewakili Bupati Ciamis yang berhalangan hadir, Dr. H. Tatang, M.Pd, menghadiri dengan penuh antusias acara Raimuna ke-15 dan Kanira ke-7 Kwartir Ranting Ciamis tahun 2023 yang bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Majaprana, Kecamatan Cijeungjing, Sabtu (23/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Sekda Tatang menyampaikan pesan penting terkait pembangunan karakter bangsa.

“Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus utama kita saat ini dan ke depan. Pembangunan sumber daya manusia harus seiring dengan kemajuan pembangunan fisik dan mental yang berkepribadian, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas,” ungkap Sekda Tatang.

Dalam konteks ini, Sekda Tatang menyoroti peran Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal yang melengkapi pendidikan informal di keluarga dan pendidikan formal di sekolah. Ia menekankan bahwa pendidikan formal saja tidak cukup untuk menciptakan generasi yang handal dan berkarakter.

“Pramuka penegak dan pandega, dengan rentang usia 16 hingga 25 tahun, perlu diberikan pengalaman lebih dalam mengelola kegiatan. Metode kepramukaan ‘learning by doing’—belajar sambil melakukan—merupakan cara efektif untuk membentuk karakter,” tambahnya.

 

Raimuna, sebagai pertemuan besar bagi pramuka penegak dan pandega, dianggap sebagai momen yang sangat baik untuk mengembangkan potensi dan kecakapan kaum muda. Sekda Tatang menyatakan bahwa ini penting untuk mempersiapkan mereka sebagai calon pemimpin bangsa ke depan.

“Harapannya, Gerakan Pramuka dapat membangun manusia yang tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga tangguh dalam kepribadian. Mereka diharapkan menjadi pemimpin yang menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan Indonesia,” jelas Sekda Tatang.

Sekda Tatang juga menyoroti pentingnya kecakapan dalam bidang seni dan olahraga sebagai elemen yang mendukung pembentukan karakter mental dan kecintaan terhadap kebudayaan pada generasi mendatang.

Share This :