KABUPATEN CIAMIS,- Gempa bermagnitudo 6,5 yang mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4) lalu telah berdampak ke sejumlah wilayah di Jawa Barat, termasuk di Kabupaten Ciamis.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Ciamis tercatat puluhan rumah warga di Ciamis yang terdampak akibat gempa tersebut, termasuk didalamnya sarana keagamaan, sekolah dan bangunan lainnya.

Salah satu bangunan terdampak gempa adalah milik Ahmad Muslim salah seorang warga Desa Winduraja Kecamatan Kawali yang beberapa bagian rumahnya rubuh akibat guncangan gempa tersebut.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna langsung melakukan peninjauan langsung ke lokasi terdampak tersebut dengan didampingi Ketua Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani dan beberapa pejabat setempat, Senin (29/04/2024).

 

Pj Bupati Ciamis dalam peninjauannya menyampaikan rasa simpati dan solidaritasnya kepada para korban serta keluarga yang terdampak musibah tersebut.

“Atas nama pemerintah saya turut prihatin, ini adalah cobaan karena kita tidak tahh kapan musibah akan datang,” ucapnya.

Beliau juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik jika terjadi gempa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengevakuasi diri ke tempat luas atau berlindung di bawah meja yang kuat.

Sementara itu, Ahmad Muslim mengatakan pada saat kejadian dirinya bersama keluarga langsung menyelamatkan diri keluar rumah sehingga tidak ada korban dari kejadian tersebut.

Ia pun menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati Ciamis beserta jajaran yang telah sigap meninjau secara langsung keadaan rumahnya pasca gempa.

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga menyerahkan beberapa bantuan logistik kedaruratan kepada korban terdampak seperti Paket Sembako, Selimut dan Terpal.

Share This :