JAKARTA,- Penjabat Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kab. Ciamis beserta pejabat struktural Dishub Kab. Ciamis, sampaikan paparan terkait kondisi penyelenggaraan transportasi perkotaan di Kabupaten Ciamis pada hari Selasa, 25 Juni 2024 yang diselenggarakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka tahapan pemberian penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia terhadap kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Presentasi yang disampaikan terdiri dari atas 5 Bidang, diantaranya Bidang Lalu Lintas, Bidang Angkutan Jalan, Bidang Sarana Transportasi Darat, Bidang Prasarana Transportasi Darat dan Bidang Umum yang dinilai oleh Tim Penilai terdiri dari unsur Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Korps Lalu Lintas Polri, akademisi dan pengamat transportasi.

Penjabat Bupati Ciamis menjelaskan bahwa Kabupaten Ciamis merupakan Kota dengan kategori Kota Kecil, dimana pada Bidang lalu lintas memiliki potensi yaitu memiliki 2 jalan Nasional dan 2 Jalan Kabupaten/kota.

Jl. Jendral Sudirman dan Jl. Jendral Ahmad Yani yang merupakan jalan nasional dilengkapi dengan rambu lalu lintas, APILL, drainase, penghijauan, PJU, JPO, fasilitas pejalan kaki. Memiliki jumlah yang memadai dengan kondisi yang baik, serta tertib, tidak digunakan untuk keperluan lain diantaranya tidak ada pedagang kaki lima atau bangunan lainnya begitu pun dengan jalan Kabupaten diantaranya Jl. KH. Ahmad Dahlan dan Jl Mr. Iwa Kusumasumantri memiliki kondisi yang serupa.

Penjabat Bupati Ciamis juga memaparkan pada bidang lainnya diantaranya Bidang Angkutan Jalan yang memiliki trayek dengan jumlah memadai, fasilitas pengemudi dan lainnya.

Pada Bidang Sarana Transportasi Darat Kabupaten Ciamis memiliki UPTD PKB yang memiliki alur pengujian kendaraan bermotor yang ketat dan baik demi keselamatan berkendara. Salah satunya adalah adanya pengujian kendaraan wisata seperti Bus Pariwisata. Kemudian fasilitas-fasilitas lainnya seperti Terminal, Halte, Stasiun Kereta antar kota dan lainnya.

Akhir paparan, Pj Bupati Ciamis menyampaikan bahwa Kabupaten clCiamis telah menyelenggarakan tata kelola transportasi perkotaan secara baik dan maksimal.

Pj. Bupati Ciamis berharap semoga Kabupaten Ciamis dapat meraih kembali penghargaan WTN di tahun 2024 ini.

Share This :