Kabupaten Ciamis,- Sebagai bentuk tanggung jawab Pemerintah untuk selalu memastikan seluruh jaminan layanan dan keamanan untuk masyarakat, Pemkab Ciamis menggelar rapar koordinasi (Rakor) tingkat Kabupaten Ciamis di Aula Setda Kabupaten Ciamis. Senin, 01/04/24.

Rapat koordinasi yang melibatkan seluruh jajaran pemerintahan mulai dari Porkopimda, TNI, Polri, seluruh Kepala OPD, Camat se -Kabupaten Ciamis dan rekan media ini berpokus pada pembahasan persiapan pelayanan khusus untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat memimpin rakor tersebut memaparkan, perisiapan perayaan Idul Fitri 1445 H tahun ini ada beberapa hal yang menjadi pokus persiapan.

Adapun diantaranya meliputi ;

1. Ketersediaan harga bahan pokok.
2. Layanan kesehatan.
3. Keamanan tantrib umum dan antisipasi kemacetan.

Menyoroti ke-3 pokus hal tersebut,  untuk mengenai ketersediaan harga bahan pokok, Bupati Herdiat mengatakan berdasarkan pemamtauan di beberapa pasar tradisional di wilayah ciamis sejauh ini dapat dipastikan masih cukup aman terkendali. Sementara untuk perkembangan harga pada minggu ke-4 bulan maret kemarin dapat dilaporkan terjadi kenaikan.

Kendati demikian, bupati mengatakan sejauh ini Pemda tidak kurang melakukan beberapa upaya operasi pasar untuk pemantauan harga pangan secara continue di beberapa pasar di wilayah ciamis dengan koordinasi bersama Bulog Ciamis terutama untuk ketersediaan beras sehingga diharapkan setelah lebaran ini harga semabako akan dapat turun kembali. Katanya

“Ya, selain itu Pemda juga tengah menggelar pasar murah di beberapa wilayah menjelang hari raya idul fitri oleh dinas terkait.” Imbuh Bupati

Selanjutnya, berkaitan dengan layanan kesehatan, bupati mengatakan akan mempokuskan RSUD Ciamis dan RSUD Kawali menjadi pusat rujukan untuk mengantisipasi gawat darurat, kecelakaan dan kasus penyakit lain selama libur hari raya.

Untuk kaitan layanan keamanan tantrib umum dan antisipasi kemacetan. Pemkab Ciamis tengah melakukan persiapan peningkatan koordinasi dengan melibatkan Satpol PP, TNI, Polri dan Dinas Perhubungan.

“Untuk seluruh camat, saya mengajak untuk peringatan Hari Raya Idul Fitri ini para camat dapat menghimbau, mengajak masyarakat di wilayahnya untuk mengisi malam hari raya dengan kegiatan-kegiatan keagaman dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan malam hari raya idul fitri”. Ajaknya

Tidak lupa, Bupati Herdiat juga mengamanatkan Dinas terkait agar dilakukan perbaikan jalan-jalan berlubang di beberapa jalan Kabupaten Ciamis dan tambahan mengingatkan kembali untuk PDAM dan PLN agar dapat memastikan pemantauannya sehingga tidak adanya gangguan atau kendala yang tidak diharapkan. Pungkasnya.

Share This :