Kabupaten Ciamis,- Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi, menyambut kunjungan tim evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah (EPPD) Provinsi Jawa Barat di Oproom Setda Ciamis, Senin (06/05/2024).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Ciamis tahun 2023.

Sekda Andang menyambut tim EPPD Jabar dengan penuh antusiasme, menurutnya kunjungan tersebut sebagai kesempatan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat.

“Kekurangan pasti akan selalu ada, namun kami siap berkolaborasi dengan tim EPPD dalam menghadirkan data yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Ia juga menginstruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyampaikan laporan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, agar kekurangan yang teridentifikasi dapat segera diperbaiki.

Evaluasi ini, lanjutnya, merupakan bagian dari proses berjenjang hingga tingkat kementerian, dimana pemahaman terhadap laporan dan tindakan yang diambil sangatlah penting.

Penanggungjawab tim EPPD Provinsi Jawa Barat, Ati Hoerowati menjelaskan bahwa pelaksanaan evaluasi akan dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kami tim evaluator terdiri dari empat orang dan akan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Ia mengatakan pelaksanaan evakuasi ini serentak dilaksankan di 27 kabupaten kota di Jawa Barat yang pelaksananya sampai dengan tanggal 22 Mei, Sementara untuk kabupaten Ciamis sendiri dilaksanakan sampai dengan tanggal 8 mei 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa ada tiga indikator utama yang akan menjadi fokus evaluasi, yaitu kapasitas kelembagaan, kapasitas sumber daya manusia, dan kapasitas kebijakan.

“Kami berharap catatan yang kami berikan dapat menjadi landasan untuk perbaikan, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik,” tutupnya.

Dengan semangat evaluasi yang konstruktif, diharapkan hasil dari evaluasi ini dapat membawa perubahan positif dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat Kabupaten Ciamis.